Pendidikan

Isi Libur Sekolah, Pelukis Cilik Melatih Lukis Anak di Kampung Nelayan


PROBOLINGGO – Masa liburan sekolah tidak harus diisi dengan pergi berwisata. Ada sejumlah anak di Kraksaan Kabupaten Probolinggo yang mengisi waktu liburnya dengan melukis di kampung nelayan.

Keceriaan nampak terlihat di raut wajah anak-anak di eks Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kalibuntu sejak Minggu (26/12) pagi. Mereka menunggu kedatangan pelukis cilik yang akan segera mereka temui di lokasi tersebut.

Sejak Minggu (26/12) sekitar pukul 08.00, puluhan anak sudah berkumpul di eks TPI Kalibuntu. Ditemani orang tuanya, puluhan anak tersebut sibuk menyiapkan alat-alat lukisnya. Sambil menikmati suasana pantai di lokasi tersebut, puluhan anak lainnya juga terus berdatangan.

Sekitar pukul 09.00, rombongan pelukis cilik akhirnya tiba di lokasi tersebut. Suara tepuk tangan menandai betapa bahagianya anak-anak tersebut menyambut kedatangan para pelukis cilik. Tak berselang lama, 100 anak yang hadir di acara tersebut langsung di bagi menjadi 5 kelompok. Setiap kelompoknya terdiri dari 25 anak.

Lima kelompok tersebut kemudian mencari posisi masing-masing untuk memulai belajar melukis. Dengan beralaskan bener, anak-anak tersebut nampak antusias meniru apa yang dilukis oleh para pelukis cilik tersebut. “Setiap kelompok ada pelatih lukisnya masing-masing, ada yang 1 pelatih, dan ada yang 2 pelatih,” kata Indah Sari, pelatih pelukis cilik tersebut.

Indah menjelaskan, dirinya sengaja menerjunkan para pelatih ciliknya itu untuk melatih anak-anak yang berada di kampung nelayan setempat. Sebab ia meyakini, dengan pelatih lukis yang notabene usianya hampir sama dengan yang dilatih, maka keaktifan belajar anak dalam hal melukis akan maksimal.

“Sekarang kan masa liburan, biar anak-anak ini ada kegiatan positif. Kebetulan yang mengajar usianya sebaya, sama-sama anak SD, biar tidak canggung belajarnya,” ujarnya.

Wanita yang juga memiliki sanggar lukis anak tersebut menjelaskan, kegiatan melukis bersama dengan pelatih lukis cilik ini merupakan yang pertama di Probolinggo. Tentunya hal ini baik untuk terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas SDM anak yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Tak hanya itu, dirinya juga mengungkapkan, pada masing-masing kelompok melukis terebut nantinya akan dipilih 2 lukisan terbaik. Nantinya, 2 lukisan tersebut akan dipamerkan di acara pameran lukis di Kota Kraksaan pada tahun mendatang. “Kalau corona ini terus membaik, insha Allah Februari nanti ada pameran lukis. Dan 2 lukisan terbaik dari kelompok lukis ini akan kami pamerkan,” ujarnya.

Ia pun berharap, dengan adanya kegiatan melukis ini, anak-anak tersebut dapat terus bersemangat dalam hal belajar di masa liburan sekolah ini. Bahkan, ia menyebut follow up dari kegiatan ini akan berlanjut.

“Nanti akan kami minta, setelah pulang ke rumah, anak tersebut agar melukis dirinya bersama orang tuanya, biar kedekatan anak dan orang tua dapat terus terjaga,” ujarnya.

Satu jam berjalan, kegaiatan melukis ini akhirnya selesai. Namun, sebelum bubar, anak-anak tersebut mendapatkan hiburan dari pecinta hewan. Ketawa meriah dari anak-anak terebut terdengar keras saat pecinta hewan dan musangnya menggelar atraksi hiburan.

“Lukisnya seru tadi rame-rame sama teman. Habis itu lihat senang musang loncat-loncat, pokoknya seru,” ujar Fadil salah seorang anak peserta lukis tersebut. (ay/iwy)


Bagikan Artikel