Pemilu 2024

Sikapi Situasi Jelang Pemilu, UNZAH Klaim Kondisi Masyarakat Kondusif


PROBOLINGGO – Menyikapi situasi politik jelang Pemilu 2024, Sivitas Akademika Universitas Islam Zainul Hasan (UNZAH) Genggong Probolinggo, juga ikut bersuara.

Kampus UNZAH menghimbau seluruh warga, mahasiswa dan sivitas akademika di lingkup kampusnya untuk memelihara keadaan dan kondisi, serta menghargai perbedaan pilihan politik.

Hal ini disampaikan oleh, Abdul Aziz, Rektor UNZAH Genggong Probolinggo dalam deklarasi damai sivitas akademika, Senin (5/2/2024). Dalam deklarasi itu dihadiri oleh seluruh lapisan dosen sampai pegawai kampus.

Dalam deklarasi tersebut, Rektor UNZAH, Abdul Aziz menyatakan, situasi masyarakat dalam menghadapi Pilpres 2024, dapat dikatakan kondusif. Masyarakat aman dan menikmati adanya kontestasi tersebut.

“Kami melihat masyarakat sangat bersemangat dalam Pilpres ini. Apa yang ditampilkan dalam media sosial sebenarnya tidak seburuk itu,” papar Abdul Aziz.

Oleh sebab itu, pihaknya mengajak seluruh warga untuk ikut menyukseskan pilpres dengan menghormati perbedaan pendapat. Tidak perlu memprovokasi atau bahkan menjatuhkan lawan politik dengan narasi yang tidak baik.

“Kebebasan berpendapat kita hormati dan junjung tinggi sebagai mandat konstitusi, tapi pilihan politik yang bermacam-macam juga harus dihormati dan dihargai. Meskipun ada perbedaan pilihan dan preferensi calon presiden, saya ingatkan untuk tidak melakukan kampanye negatif terhadap calon presiden yang tidak disukai,” ucapnya.

Rektor UNZAH Genggong Probolinggo juga mengingatkan pentingnya menjaga silaturahim dan persaudaraan kampus yang dicintai bersama.

Ia berharap agar perbedaan pilihan politik tidak mengusik atmosfir akademik yang sehat dalam bingkai kebebasan mimbar akademik yang bertanggung jawab.

“Semua Sivitas Akademika mendukung pelaksanaan Pilpres yang dilakukan secara damai, bermartabat, tanpa provokasi agar Pilpres berlangsung lancar. Mari kita jaga dan dewasa menerima perbedaan pilihan politik dalam suasana kekeluargaan,” ujarnya.

Aziz berharap agar seluruh sivitas akademika senantiasa dalam perlindungan Allah SWT dan diberi kekuatan untuk selalu menjadi insan akademis yang bertanggung jawab dalam menjaga keutuhan NKRI dan mengabdi untuk bangsa dan negara. (*)


Bagikan Artikel