Pemilu 2024

259 BCAD di Kabupaten Probolinggo Tidak Memenuhi Syarat


PROBOLINGGO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo mencatat ada ratusan Bakal Calon Anggota Dewan (BCAD) yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Dari hasil verifikasi administrasi (Vermin) perbaikan yang dilakukan KPU setempat, dari total 723 jumlah BCAD, sebanyak 464 dinyatakan memenuhi syarat (MS). Sedangkan 259 dinyatakan TMS.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Probolinggo Agus Hariyanto Andinata mengatakan, jumlah 259 BCAD yang dinyatakan TMS adalah hasil vermin terkhir yang dilakukan KPU.

Sejumlah ratusan BCAD TMS itu, lanjut Agus, masih memiliki kesempatan untuk melakukan perbaikan dokumen sebelum nantinya masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS).

“Partai politik masih memiliki kesempatan waktu untuk melengkapi dokumen mulai tanggal 6 sampai 11 Agustus ini,” paparnya, Selasa (8/8/2023).

Masih kata Agus, setelah partai politik selesai melakukan perbaikan dokumen pada BCAD yang dinyatakan TMS. Kemudian hasilnya diunggah ke Aplikasi Silon.

“Setelah itu datang ke KPU dengan membawa model BB perubahan, model BB perubahan daftar calon, dan juga persetujuan dari DPP pusat,” jelas Agus.

Lebih lanjut dijelaskan, KPU nantinya akan melakukan vermin ulang terhadap berkas BCAD yang sudah dilakukan perubahan oleh partai dari tanggal 6 sampai 11 Agustus.

“Outputnya nanti di tanggal 18 Agustus ini pada pengumuman dan penetapan DCS adalah yang masuk hanya yang MS saja. Jadi yang TMS sudah tidak masuk dalam penetapan DCS,” pungkasnya. (ar/ra)


Bagikan Artikel