Pemilu 2024

KPU Kabupaten Probolinggo Buka Pendaftaran Bacaleg


PROBOLINGGO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur resmi membuka Pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pemilu 2024.

Tahapan pendaftaran itu dibuka akan mulai dari 1-14 Mei 2023. Untuk itu, setiap partai politik diharapkan untuk segera mempersiapkan para kandidat Bacaleg terbaiknya untuk didaftarkan dan bertarung di Pemilu yang digelar pada 14 Februari 2024 mendatang.

“Untuk pendaftaran calon anggota DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota akan dilaksanakan serentak dari 1 sampai 14 Mei 2023,” kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Kabupaten Probolinggo, Agus Hariyanto Andinata, Senin (24/04).

Dijelaskan dengan dibukanya masa pendaftaran Bacaleg tersebut. Diharapkan kepada masing-masing pimpinan Partai Politik (Parpol) untuk mempersiapkan segala berkas Bacaleg yang diperlukan, sesuai pesryaratan yang telah ditentukan oleh KPU.

”Berkas persyaratan mulai dari formulir model B pengajuan Parpol dan model B daftar bakal calon serta dokumen persyaratan administrasi lainnya. Seperti yang diatur dalam Pasal 12 sampai dengan Pasal 23 Peraturan KPU. Diunggah di Sistem Informasi Pencalonan (Silon) dan fisiknya diserahkan langsung ke KPU Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Diterangkannya, dalam formulir model B daftar bakal calon yang diupload ke Silon dan diserahkan ke KPU. Juga wajib dilampiri dengan dokumen persetujuan pengajuan bakal calon yang ditandatangani oleh Ketua Umum, Sekretaris Jenderal Partai Politik Peserta Pemilu, atau nama lain yang sah.

Tentunya yang sesuai dengan Keputusan Menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum dan hak asasi manusia tentang pengesahan susunan pengurus partai politik.

“Untuk informasi lebih detailnya bisa langsung datang ke kantor KPU Kabupaten Probolinggo Jalan Raya Panglima Sudirman 440 Kraksaan–Probolinggo. Nanti akan ada petugas kami yang akan membantu untuk menjelaskan dan menerima setiap berkas dari Bacaleg,” terang Agus.

Lebih lanjut, Ia berharap kepada masing-masing pimpinan Partai Politik di kabupaten Probolinggo. Agar segera mempersiapkan seluruh kelengkapan dan berkas administrasi dari seluruh Bacalegnya. Karena masa pendaftaran Bacaleg yang relatif cukup singkat yakni hanya sekitar dua pekan saja.

“Kami harapkan sebelum dibukanya pendaftaran. Para Bacaleg sudah mulai mempersiapkan segala kelengkapan administrasinya untuk mendaftar. Demi kelancaran bersama dan tidak adanya kendala pada saat pendaftaran,” pungkasnya. (tm/ra)


Bagikan Artikel