Pemilu 2024

Berkah Ramadhan, Honor Pantarlih Mulai Dicairkan


PROBOLINGGO – Ramadhan 1444 Hijriah membawa berkah tersendiri bagi 3.354 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Kabupaten Probolinggo. Pasalnya apa mereka nantikan selama ini, yakni honor/gaji Pantarlih mulai dicairkan oleh KPU Kabupaten Probolinggo. Pantarlih dibayar Rp1 juta per bulan dengan masa kerja 2 bulan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim menyampaikan, seiring dengan disetujuinya Surat Perintah Membayar (SPM) yang diajukan oleh KPU Kabupaten Probolinggo kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN). Sehingga pencairan honor Pantarlih yang memakai anggaran negara itu sudah dapat dilakukan secepatnya.

“SPM-nya sudah disetujui dan kami sudah mulai mendidtribusikan honor Pantarlih itu secara bertahap. Terhitung sejak hari Rabu ini hingga Jumat mendatang,” ungkapnya, Rabu (29/3).

Dijelaskannya, bahwa pencairan honor Pantarlih itu. Didistribusikan oleh KPU Kabupaten Probolinggo melalui pihak bank yang menjadi rekanan. Selanjutnya oleh pihak honor Pantarlih itu akan dititipkan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 330 Desa/Kelurahan di Kabupaten Probolinggo. Karena honor Pantarlih itu sejatinya melekat pada dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) dari PPS.

“Honor Pantarlih akan dicairkan bersamaan dengan penyaluran BOP bagi seluruh PPS di Kabupaten Probolinggo. Nantinya oleh PPS, honor itu akan diserahkan secara tunai kepada Pantarlih,” jelasnya.

Adapun untuk jadwal pencairan BOP bagi 330 PPS di kabupaten Probolinggo. Lukman menyebut jika teknis penyaluran BOP itu akan dibagi dalam 3 tahap. Tahap I yakni pencairan BOP untuk 119 PPS yang ada di wilayah kecamatan Tiris, Sukapura, Krucil, Kumbang, Paiton, Kotaanyar, Pakuniran dan Besuk pad Rabu (29/3).

Selanjutnya untuk tahap II yakni untuk 113 PPS di kecamatan Tongas, Sumberasih, Banyuanyar, Wonomerto, Krejengan, Gading, Pajarakan dan Gending akan dilakukan pada Kamis (30/3). Sedangkan untuk pencairan tahap III untuk 98 PPS yang meliputi kecamatan Sumber, Kuripan, Leces, Bantaran, Tegalsiwalan, Dringu, Kraksaan dan Maron akan dilaksanakan pada Jumat (31/3).

“Penyaluran BOP sekaligus dengan honor Pantarlih itu. Dilakukan secara bertahap dengan jadwal yang telah kami susun. Mohon bersabar kepada Pantarlih, karena honornya akan kami penuhi dalam pekan ini,” sebutnya.

Tak lupa, Lukman mengucapkan banyak terima kasih kepada para Pantarlih. Yang telah bekerja sepenuh hati dalam melakukan proses pencocokan dan penelitian (Coklit) data Pemilih untuk suksesnya Pemilu 2024. “Kami ucapkan banyak terima kasih atas desikasi dan kerja keras dari pantarlih. Yang telah bekerja keras dalam melakukan coklit sesuai dengan jadwal dari KPU,” pungkasnya. (tm/ra)


Bagikan Artikel