Pemilu 2024

774 Pendukung Calon DPD RI Bakal Diverfak


PROBOLINGGO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo bakal melakukan tahapan Verifikasi Faktual (Verfak) terhadap pendukung calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI).

Totalnya sebanyak 774 sampling pendukung dari 16 Balon DPD RI di Kabupaten Probolinggo yang akan di verfak sebelum akhir bulan ini.

Komisioner divisi teknis penyelenggaraan KPU Kabupaten Probolinggo Agus Hariyanto Andinata mengungkapkan, proses verfak akan dilakukan oleh PPS di 134 Desa/Kelurahan di 21 Kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Prosesnya akan dilakukan mulai 6 Februari hingga 26 Februari 2023 mendatang.

“Ada 16 calon DPD RI di Jawa Timur dengan 774 data sampling yang muncul sebagai sampel dukungan di kabupaten Probolinggo. Dalam waktu dekat ini proses verfak akan langsung dilakukan dilapangan oleh para PPS di masing-masing desa,” ungkapnya, Jumat (17/2).

Dijelaskannya proses verfak ini dilakukan untuk mencocokkan identitas dan memastikan bahwa yang bersangkutan memang merupakan pendukung salah satu balon DPD RI atau bukan. Apabila tidak merasa atau bukan maka akan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

“Kalau pada saat verfak kesatu di lapangan ditemukan tidak adanya kecocokan dan yang bersangkutan menyatakan tidak mendukung. Maka pada hasil verifikasi kami akan kami centang dan nyatakan tidak memenuhi syarat. Kemudian yang bersangkutan bisa datang ke kantor KPU untuk memberikan tanggapan mengenai pencatutan nama,” jelas pria yang akrab disapa Agus Aan itu.

Selain itu, PPS atau verifikator yang turun di lapangan. Akan didampingi oleh PPK, PKD, dan Panwascam, serta Timses dari DPD yang diverfak apabila ada.

“Harapannya dengan kehadiran mereka, proses verfak akan berlangsung secara terbuka dan apabila ada permasalahan dapat segera diselesaikan saat itu juga,” pungkasnya. (tm/ra)


Bagikan Artikel