Pemilu 2024

Realokasi Dapil dan Kursi Dapil DPRD Kabupaten Probolinggo, Bisa Dilihat dalam Peta


PROBOLINGGO – Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) terbaru Nomor 6 Tahun 2023 tentang Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, dan Kabupaten/Kota Dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024 resmi diterbitkan pada Senin (6/2/2023) lalu.

Dalam peraturan baru itu, terdapat sejumlah penyesuaian Dapil di Kabupaten Probolinggo. Dimana terdapat pengurangan dan penambahan jumlah alokasi kursi anggota DPRD untuk 2024 mendatang.

Penyesuaian tersebut meliputi adanya perubahan Dapil untuk wilayah kecamatan Dringu, Gending, Pajarakan, dan Krejengan yang sebelumnya merupakan Dapil Probolinggo 1. Kini sesuai dengan PKPU terbaru yakni nomor 6 tahun 2023 berubah menjadi Dapil Probolinggo 7.

“Dalam PKPU terbaru mengharuskan wilayah ibukota kabupaten sebagai Dapil I. Oleh karena itu terjadi penyesuaian untuk urutan Dapil dalam Pemilu mendatang,” ujar Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim, Jumat (10/2).

Disebutkannya selain adanya penyesuaian dalam urutan Dapil itu. Ada juga penyesuaian dalam jumlah kursi di dua Dapil yakni Dapil Probolinggo 7 dan Probolinggo 3. Dimana untuk Dapil 7 yang sebelumnya memiliki alokasi atau jatah kursi dewan di DPRD Kabupaten Probolinggo sebanyak 8 kursi. Kini berkurang 1 kursi menjadi hanya sebanyak 7 kursi untuk pemilu 2024 mendatang.

Akibat adanya pengurangan kursi di Dapil 7 itu. Berdampak pada adanya penambahan 1 kursi pada Dapil lainnya. Dapil yang mendapat alokasi kursi tambahan itu yakni Dapil Probolinggo 3 yang meliputi kecamatan Tiris, Krucil, dan Maron.

“Penambahan alokasi kursi di Dapil Probolinggo 3 itu. Didasarkan pada sebaran jumlah penduduk di Dapil 3 yang mencapai 191.003 jiwa lebih banyak jika dibanding Dapil 7 yang hanya 170.732 jiwa,” ujar komisioner divisi teknis penyelenggaraan KPU Kabupaten Probolinggo Agus Hariyanto Andinata, Jumat (10/2).

Disebutnya dengan adanya PKPU nomor 6 tahun 2023 itu, maka dipastikan alokasi jumlah kursi di DPRD Kabupaten Probolinggo tetap sebanyak 50 kursi. Dimana sebelumnya KPU Kabupaten Probolinggo. Sempat menawarkan 2 rancangan penataan Dapil dan alokasi kursi dewan kepada publik termasuk kepada partai politik peserta Pemilu.

“Dari dua rancangan Dapil dan alokasi kursi yang kami tawarkan. Mayoritas masyarakat dan partai mendukung opsi pertama yakni adanya penambahan jumlah kursi di Dapil Probolinggo 3 dan pengurangan kursi di Dapil Probolinggo 7, sedangkan untuk 5 Dapil lainnya tetap,” sebutnya.

Dengan telah ditetapkannya Dapil dan alokasi jumlah kursi yang ada di DPRD Kabupaten Probolinggo itu. Aan sapaan akrabnya mengatakan jika dalam penentuan dan penetapan Dapil dan alokasi kursi ini. Telah memperhatikan 7 prinsip penataan Dapil yang telah ditetapkan.

“Penataan dapil ini sudah memperhatikan prinsiip kesetaraan nilai suara, ketaaatan pada sistem pemilu yang proporsional, coterminus, kohesivitas, dan kesinambungan, dan integralitas wilayah,” pungkasnya. (tm/ra)


Bagikan Artikel