Pembangunan

Revitalisasi Pasar Baru Rampung Tahun Ini


PROBOLINGGO – Revitalisasi Pasar Baru Kota Probolinggo yang berlangsung sejak 2015, akan rampung tahun ini (2022). Hal itu disampaikan Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin Senin (21/3).

Tak hanya itu, dalam Nota Penjelasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2021, di gedung DPRD, Walikota juga akan menyelesaikan revitalisasi alun-alun yang pembangunannya dimulai 2020, ditahun yang sama.

Dalam pengantar pidatonya Hadi menyebut, pembangunan revitalisasi Pasar Baru direncanakan 2015, sejak dirinya belum menjabat wali kota.Ketika ia terpilih dan dilantik di 2019, di tahun 2020 pembangunannya dimulai. Namun, kala itu terkendala pandemi covid-19.

Proyek pembangunan revitalisasi pasar baru sisi selatan tersebut diteruskan di 2021 dengan anggaran kurang lebih Rp 4 miliar.Kemudian pembangunannya akan dilanjutkan tahun ini (2022) dengan anggaran yang sudah dipersiapkan sebesar Rp 2 miliar.

“Kami berharap tahun ini Pasar Baru selesai,” katanya.

Dimungkinkan, tahun 2023 seluruh pedagang yang menempati Tempat Penampungan Sementara (TPS) akan dipindah kedalam pasar. Sedang jalan Tjut Nya’ Dien dan Jalan Prajurit Siaman yang ditutup karena digunakan TPS, akan diperbaiki.

“Dua jalan yang ditempati TPS, akan kami perbaiki,” ujarnya.

Sedangkan untuk alun-alun diharapkan tahun ini (2022) juga selesai. Revitalisasi alun-alun dimulai 2020 ini, akan dilanjutkan pembangunan pusat jajanan atau kuliner di depan Lapas II Probolinggo atau alun-alun sisi timur.

Di 2021 pihaknya telah menyelesaikan pembangunan Gedung Dewan Kerajinan Nasional (Dekranasda dan Taman Manula (Manusia Lanjut Usia).

Sementara untuk pembangunan RSUD baru yang diberi nama Ar-Rozi saat ini melanjutkan pembangunan tahap I yang dimulai 2021 lalu. Harapannya sama, pembangunan RSUD jujukan pasien dari berbagai daerah dan bertarap Internasional ini rampung tahun 2022.

“Kami sudah menyediakan ambulan siaga di masing-masing kelurahan sebanyak 29 unit. Kami juga telah menyediakan 6 unit ambulan siaga darurat jantung. Dengan RSUD Ar Rozi ini pelayanan kesehatan gratis lebih mudah,” pungkasnya. (rul/ra)


Bagikan Artikel