Pembangunan

Revitalisasi Pasar Condong Tuntas


PROBOLINGGO – Revitalisasi Pasar Condong di Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo, akhirnya tuntas. Namun, pasar tersebut masih belum dioperasikan, lantaran masih proses penataan lapak.

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo, Moh. Natsir melalui Kabid Pasar, Andi Wiroso menyampaikan, pengerjaan pasar itu sudah finish, sesuai dengan kesepakatan yang disepakati bersama sebelumnya.

Akan tetapi, bangunan baru pasar yang dikonsep bedak los tersebut, masih belum ditempati oleh para pedagang. Bangunan anyar itu mampu menampung 62 bedak pedagang. “Jadi sekarang, bedaknya itu lebih bagus dari sebelumnya. Pedagang pun akan merasa lebih myaman dengan bangunan baru itu,” kata Natsir saat ditemui di ruangannya, Senin (13/12).

Ia menyampaikan, para pedagang yang nantinya akan menempati bedak tersebut  merupakan pedagang yang sebelumnya terdampak revitalisasi. Artinya, pedagang yang kini berjualan di luar pasar, ditarik kembali untuk menempati lapak baru tersebut. “Kami tidak ada penambahan jumlah pedagang. Tapi pedagang yang dulu menempati bangunan lama akan kembali menempati yang baru,” ungkapnya.

Sebelum para pedagang menempati bedak tersebut, lanjut Andi, pihak kontraktor yang menangani pengerjaan itu melakukan serah terima lebih dulu. Bahkan setelah itu, akan ada masa perawatan bangunan. Untuk memastikan kondisi dan kualitas bangunan benar-benar baik.

“Nanti akan diserahkan oleh pihak kontraktor ke pemerintah. Setelah itu, akan dilakukan perawatan dulu,” ujarnya.

Kata dia, kemungkinan besar awal tahun ini pedagang sudah bisa menggunakan bangunan anyar tersebut. Mereka tak perlu lagi berlama-lama di bedak semi permanen yang dibangun semrawut. “Kemungkinan awal tahun nanti sudah bisa ditempti pedagang. Tapi saat ini pembangunan pasar sudah selesai tinggal penataan saja,”jelasnya.

Revitalisasi Pasar Condong Kecamatan Gading Kabupaten Probolinggo itu, menelan anggaran sekitar Rp 1 M. Saat ini pengerjaan itu sudah tuntas. (yek/iwy)


Bagikan Artikel