Opini

PCNU Kabupaten Probolinggo menyalurkan sebanyak 19.000 paket sembako kepada warga yang terdampak Covid-19. (Istimewa)

PCNU Kabupaten Probolinggo Salurkan 19.000 Paket Sembako


PROBOLINGGO – Bulan Ramadan diperkirakan akan tiba pada akhir pekan ini. Namun pandemi Covid-19 tidak juga ada tanda-tanda segera pergi. Akibatnya, banyak masyarakat kesulitan mencari rezeki. Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Probolinggo turut memberikan perhatian khusus terhadap masalah ini. Wujudnya dengan menyalurkan 19 ribu paket sembako kepada warga terdampak Covid-19.

Program tersebut dilaunching pada Minggu (19/4) sore di kantor PCNU setempat. Ketua PCNU Kabupaten Probolinggo KH Ahsanul Haq mengatakan, 19.000 sembako akan disalurkan ke 130 desa di 11 kecamatan di Probolinggo. “Teknis pendistribusiannya langsung satu pintu lewat tim Satgas NU Kabupaten Probolinggo Tanggap COvid-19,” tutur Kiai Ahsan.

Wakil Ketua Satgas Covid-19 NU Kabupaten Probolinggo Misbahul Munir mengatakan, bantuan paket sembako itu akan distribusi ke wilayah kerja NU yang ada. “Kami akan sesuaikan dengan jumlah desa yang ada di 11 Kecamatan sesuai dengan wilayah kerja kami,” terangnya.

Pendistribusian bantuan melibatkan kader penggerak NU yang tergabung di Tim Satgas Covid-19 NU yang sudah terbentuk. “Pendistribusiannnya akan dilakukan secara bertahap di setiap desa,” kata Munir.

PCNU setempat mengundang warga Probolinggo untuk saling peduli dan bergabung dalam gerakan 19.000 Paket Sembako. Hal itu sebagai bentuk aksi penanganan Covid-19 lainnya melalui Satgas NU Kabupaten Probolinggo. “Wabah Corona berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat. Terutama masyarakat menengah ke bawah,” ungkap Kiai Ahsan.

Ia mengungkapkan, bantuan sembako yang akan disalurkan itu merupakan hasil bantuan sukarela dari para kader dan simpatisan NU. “Semoga bantuan tersebut bisa bermanfaat dan meringankan beban bagi masyarakat terdampak Corona,” harapnya. (awi/eem)


Bagikan Artikel