Olahraga

Sabet 5 Medali, ISSI Kabupaten Probolinggo Runner Up Kejurprov Jatim


PROBOLINGGO – Tim ISSI Kabupaten Probolinggo berhasil keluar sebagai Runner Up diajang Kejurprov ISSI Jatim 2023. Dalam kejuaraan balap sepeda yang digelar di Kota Probolinggo pada 24-25 Juni 2023 itu. Empat pebalap ISSI Kabupaten Probolinggo berhasil menyabet total 5 medali.

Rinciannya 2 medali emas berhasil diraih oleh Diajeng Putri Salsabila pada kategori Individual Road Race (IRR) Women Youth dan Aisyah Putri Aprilia di kategori Criterium Women Junior. Sedangkan medali perak disumbangkan masing-masing oleh Muhammad Iqbal Maulana pada katgeori Criterium Men Pra Youth, Muhammad Nur Fajar pada kategori Criterium Men Junior dan Aisyah Putri Aprilia pada kategori IRR Women Junior.

Pelatih kepala ISSI Kabupaten Probolinggo Herwin Sanjaya mengaku, cukup puas dengan raihan 5 medali tersebut. Pasalnya semenjak terjadinya pandemi Covid-19 lalu, praktis tidak ada ajang balap sepeda kompetitif yang bisa diikuti oleh 7 orang atletnya. Sehingga dengan adanya Kejurprov ISSI Jatim 2023 ini, seakan mnejadi Pelepas dahaga dari para atletnya untuk bisa bertanding dan bersaing dengan para pebalap sepeda dari daerah lainnya.

“Adanya kejurprov ini menjadi bahan evaluasi kami terhadap progres dan pencapaian latihan dari para atlet. Sekaligus menjadi ajang bagi kami untuk mengintip kekuatan atlet balap speeda dari daerah lainnya,” ungkapnya, Minggu (25/6/2023).

Menurutnya dengan melihat peta kekuatan atlet balap sepeda dari daerah lainnya itu. Sebagai seorang pelatih, tentunya dia sudah mulai bisa menilai dan memprediksi jika atlte yang naik sampai ke podium. Atau minimal ada diperingkat lima besar merupakan para atlet yang patut diwaspadai diajang utama tahun ini yakni Porprov VIII.

“Para atlet yang tampil di rombongan terdepan apalagi sampai naik ke podium. Merupakan para atlet yang berpotensi meraih medali diajang Porprov. Namun demikian hal itu tidak mutlak terjadi, karena atlet lain pastinya akan dievaluasi oleh para pelatihnya,” ujarnya.

Oleh karena itu, Herwin mengaku akan treus meningkatkan porsi latihan dari para atletnya. Sekalipun bagi mereka yakni atlet yang telah berhasil meraih medali diajang Kejurprov kali ini.

“Kalau melihat capaian yang tadi. Masih tidak ada atlet yang secara kecepatan dan lap timenya aman. Karena selisihnya masih cukup rapat. Karena itu peningkatan fisik dan kecepatan, serta strategi akan kami matangkan lagi. Demi kmbali meraih hasil maksimal diajang Porprov mendatang,” tegasnya.

Sementara itu, Aisyah Putri Aprilia mengaku senang dnegan raihan dua medali yang dia sumbangkan untuk tim ISSI Kabupaten Probolinggo. Menurut atlet peraih medali emas diajang Porprov sebelumnya ini. Persaingannya dengan para atlet balap dari daerah lainnya mnejadi semakin ketat.

“Tidak ada lagi atlet balap dareah dari satu daerah tertentu yang timnya tampil mendominasi. Kekuatannya nyaris merata, saya tidak boleh diam dan berpuas diri saat ini. Karena para pebalap lain pasti akan tampil lebih baik dan mengejar ketertinggalannya diajang Poprov,” pungkasnya. (tm)


Bagikan Artikel