Olahraga

Bonek Takziah ke Rumah Aremania Korban Kanjuruhan


PROBOLINGGO – Rivalitas diantara suporter Arema Malang FC (Aremania) dan Persebaya Surabaya (Bonek) memang sudah terbangun sejak lama. Namun paska tragedi kericuhan di stadion Kanjuruhan Malang yang mengakibatkan 131 Aremania meninggal dunia. Membuat kedua kelompok tersebut kini saling prihatin dan menunjukkan rasa kepeduliannya diantara satu sama lain.

Seperti yang dilakukan oleh kelompok suporter Bonek Kraksaan yang datang dan melakukan takziah ke rumah 3 korban meninggal asal kabupaten Probolinggo. Untuk sementara waktu, mereka melupakan rivalitas yang terjadi diantara Bonek dan Aremania dalam mendukung masing-masing tim kesayangannya.

Salah seorang pentolan Bonek Kraksaan Yasin Sukri mengungkapkan, dengan adanya tragedi memilukan tersebut. Sudah bukan saatnya lagi untuk membahas rivalitas atau fanatisme yang membabi buta. Rasa respek harus dijunjung tinggi sesama kelompok suporter dan jatuhnya korban jiwa dalam kericuhan itu adalah duka bersama bagi seluruh kelompok suporter yang ada di dunia.

“Tidak ada sebuah permainan sepak bola yang nilainya seharga dengan nyawa teman-teman kami itu,” ungkapnya, Selasa (4/10).

Dijelaskannya maksud kedatangannya kerumah duka dari 3 rekan sesama suporter sepak bolanya itu. Adalah untuk menyampaikan rasa duka cita dan keprihatinan yang mendalam kepada pihak keluarga yang ditinggalkan. Terlebih mereka wafat dalam sebuah kericuhan yang sama sekali tidak perlu terjadi apabila seluruh pihak dapat menahan diri.

“Kami datang ke rumah duka dan menyampaikan langsung rasa duka cita kami kepada pihak keluarga yang ditinggalkan. Adapun kami juga mendapatkan wejangan dari pihak keluraga agar musibah itu tidak sampai terjadi juga kepada kami,” jelasnya.

Mendengar hal itu, Yasin menjadi semakin sedih lantaran pihak keluarga dari para korban tetap memberikan nasehat meski tengah dilanda rasa duka.

“Mungkin karena kami sebaya dengan almarhum. Sehingga mereka memberikan tetap memberikan nasehat baik kepada kami agar lebih berhati-hati sebagai kelompok suporter di manapun berada,” ujarnya.

Sementara itu, Agung kakak kandung dari Abian Haziq Rifqi menyampaikan rasa terima kasihnya atas kedatangan para Bonek Kraksaan ke kediamannya. Menurutnya telah banyak pihak atau masyarakat yang datang langsung kerumah duka untuk menyampaikan rasa duka citanya. Hal itu diakuinya semakin menguatkan pihak keluarga untuk menerima kepergian almarhum Rifqi adiknya.

“Kami sekeluarga menyampaikan rasa terima kasih atas segala bentuk kepeduliannya. Mohon doa terbaiknya agar almarhum adik kami mendapatkan tempat terbaik disisinya,” katanya singkat. (tm/ra)


Bagikan Artikel