Olahraga

Perenang Probolinggo Borong 8 Medali Tingkat Provinsi


PROBOLINGGO – Almira Balqis Azizi Afladea, atlet cabang olahraga renang andalan Kabupaten Probolinggo berhasil menorehkan prestasi luar biasa di tingkat Jawa Timur. Yakni pada even Dankodiklatal (Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan latihan TNI Angkatan Laut) Cup 2022 awal pekan lalu.

Tak tanggung-tanggung, Almira berhasil membawa pulang sebanyak 8 medali. Almira meraih 1 medali emas, 5 medali perak, dan 2 medali perunggu pada even yang digelar di Kolam Renang Tirta Krida Puslatdiksarmil Kodiklatal Sidoarjo itu.

Satu-satunya medali emas diraih Alimra pada kategori 50 M gaya kupu-kupu. Sementara 5 medali perak diraih dalam kategori 100 M gaya punggung, 50 M gaya punggung, 100 M gaya kupu – kupu, 100 M IM dan 100 M gaya dada. Selanjutnya, 2 medali perunggu diraih dari kategori 200 M gaya bebas dan 50 M gaya bebas.

Sosok Almira memang lekat dengan prestasi. Sebelum meraih prestasi di Dankodiklatal Cup 2022, Almira sudah merajalela di Walikota Surabaya Cup. Di even tersebut, Almira meraih 6 medali emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Bahkan Almira yang memiliki rekan perenang bernama Jihan Calista ini menjadi perenang terbaik di KU 3 di ajang tersebut.

Ketua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Probolinggo A’at Kardono bersyukur dan bangga atas prestasi yang diraih Almira. Pasalnya raihan medali itu diperoleh dengan usaha yang keras dan ketat karena pesaingnya merupakan atlet renang dari seluruh Jawa Timur.

“Saya mengapresiasi perjuangan Almira dalam meraih medali di tingkat Jawa Timur. Semoga ini menjadi awal yang baik untuk raihan prestasi lainnya, dan utakanya untuk diajang Porprov mendatang,” ujarnya, Kamis (29/9).

Menurut A’at, Almira merupakan aset yang dimiliki PRSI Kabupaten Probolinggo untuk persiapan dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur tahun 2023 mendatang. Hasil yang diraih Almira saat ini menjadi tolok ukur dan modal bagus untuk Porprov 2023 mendatang.

“Setidaknya kita punya atlet yang potensial dan harus kita jaga agar peak performance-nya selalu terjaga hingga Pirorov mendatang,” katanya.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo H. Zainul Hasan memberikan apresiasi atas prestasi atlet renangnya itu. Menurutnya, hasil pembinaan PRSI Probolinggo sudah mulai terlihat hasilnya. Selanjutnya tinggal bagaimana menjaga konsistensi pembinaanya sampai Porprov mendatang.

“Kuncinya terus berlatih dan semangat meraih prestasi. Insya Allah hasilnya mengikuti,” ungkap Zainul. (tm/eem)


Bagikan Artikel