Olahraga

Pengurus KONI Kabupaten Probolinggo Resmi Dikukuhkan


PROBOLINGGO – Sebanyak 30 orang pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo periode 2022-2026 resmi dikukuhkan. Para pengurus tersebut diambil sumpah jabatannya oleh Ketua KONI Jawa Timur Muhammad Nabil, Rabu (7/9) lalu. Pengambilan sumpah dilakukan di Pendopo Prasdja Ngesti Wibawa Kabupaten Probolinggo.

Dalam sambutannya, Ketua KONI Kabupaten Probolinggo H. Zainul Hasan mengungkapkan, tugas pengurus KONI tidak mudah. Pasalnya, mereka dituntut untuk mampu dalam waktu singkat mempersiapkan kontingen atlet untuk ikut serta dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII pada pertengahan tahun 2023 mendatang.

“Tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa. Para pengurus KONI yang baru ini harus mampu bahu membahu melakukan pembinaan dan persiapan untuk para atlet agar mampu tampil maksimal di Porprov mendatang,” ungkapnya.

Untuk mempersiapkan para atlet itu, pembinaan dan persiapan para atlet harus didasarkan pada penerapan sport science. Karena untuk mendapatkan prestasi olahraga yang maksimal saat ini, tak hanya mengandalkan bakat dari atlet. Namun juga harus didasarkan pada pembinaan dari para pelatih yang kompeten dan juga capaian atlet yang teruji dan terukur dengan jelas.

“Tanpa didasari pada penerapan sport science, atlet dalam setiap cabang olahraga tidak akan terpantau dengan jelas capaian atau progresnya. Tolok ukur itu perlu untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dan potensi atlet untuk meraih prestasi ke depannya,” terang Zainul.

Hal senada juga dikemukakan Ketua KONI Jawa Timur Muhammad Nabil. Ia menyampaikan, penerapan sport science yang diimbangi dengan sport industry dan sport tourism saat ini adalah sebuah keniscayaan dalam olahraga. Karena terbukti, beberapa daerah di Jawa Timur yang mampu menerapkan sport science dalam pembinaan olahraganya. Mereka mampu secara konsisten menyumbangkan para atlet berprestasi dari berbagai cabang olahraga (cabor) untuk KONI Jawa Timur.

“Maka tak heran daerah-daerah yang menjadi langganan 10 besar dalam ajang, seperti Porprov Jatim. Dalam portofolionya, kami selalu menjumpai adanya penerapan sport science di berbagai cabor yang jadi unggulan atau jadi ladang perolehan medalinya,” beber Nabil.

Oleh karena itu, Nabil berharap agar capaian Kabupaten Probolinggo yang bertengger di peringkat 29 dalam Porprov VII lalu menjadi bahan evaluasi menyeluruh. Sehingga ke depan, Kabupaten Probolinggo mampu meperbaiki diri dengan penerapan sport science secara terstruktur dan terprogram dengan baik.

“Bukan tidak mungkin target papan tengah yang selama ini dicanangkan oleh KONI Kabupaten Probolinggo bisa tercapai. Toh progresnya sudah baik, karena jumlah medalinya terus mengalami penambahan. Sehingga perlu dimaksimalkan lagi, utamanya oleh para pengurus KONI yang baru dikukuhkan ini,” harap Nabil.

Sementara itu, Wakil Bupati Probolinggo Drs. H.A. Timbul Prihanjoko megatakan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo sepenuhnya akan mendukung penuh setiap program kerja dari KONI Kahupaten Probolinggo. Hal itu dibuktikan dengan upaya untuk meningkatkan dana hibah untuk KONI Kabupaten Probolinggo di tahun anggaran mendatang.

“Kami akan mengupayakan adanya tambahan anggaran untuk KONI Kabupaten Probolinggo dalam postur APBD mendatang. Kami tidak menjanjikan hal itu, namun kami akan mengupayakan yang terbaik untuk merealisasikannya,” terang Timbul. (tm/eem)

Susunan Personalia Pengurus

KONI Kabupaten Probolinggo

Masa Bakti 2022-2026

Ketua Umum H. Zainul Hasan

Wakil Ketua I Budi Eko Prasetyo SH

Wakil Ketua II Achmad Syamsul Askandar SH MH

Wakil Ketua III Suhud SH

Wakil Ketua IV Drs. Joko Rokhani Sanjaya MM

Wakil Ketua V H. Abdul Manap

Wakil Ketua VI Sukirman Hadi Prayitno

Sekretaris Umum Erfan Yulianto S.Pd.SD.

Wakil Sekretaris Umum Hafifun Nasir

Bendahara Agus Cahyo Raharjo

Wakil Bendahara Umum Agus Salim S.Pd.

Bidang-Bidang

Bidang Perencanaan, Program, dan Anggaran

Ketua : Budi Eko Prasetyo SH

Anggota : 1. Muhammad Hafidz SH 2. Miftahuddin Jauhari, S.Pd.I. 3. Imron Faisol

Bidang Pembinaan Prestasi dan Sport Science

Ketua : Achmad Syamsul Askandar SH MH

Anggota : 1. Adhyaksa Yanu Nugraha S.Pd. 2. Abdul Hatta S.Kom. 3. Yongky Agus Yuda Pratugas S.Pd.

Bidang Hukum dan Organisasi

Ketua : Suhud SHAnggota : 1. Budi Suwantono SH 2. Eko Sumedi 3. Ino Imam Safiono S.Pd.

Bidang Pendidikan dan Pemandu Bakat

Ketua : Drs. Joko Rokhani Sanjaya MM

Anggota : 1. Deby Abdul Gani 2. Titus Probo Santuso S.Pd. 3. M. Nurul Sultoni

Bidang Media dan HumasKetua : H. Abdul Manap

Anggota : 1. Tunjung Mulyono 2. Arif Mashudi 3. Wike Yuliana

Bidang Kerjasama dan Hubungan Antar Lembaga

Ketua : Sukirman Hadi Prayitno

Anggota : 1. Aries Purwanto SE M.Si. 2. Moh. Hoteb 3. H. Fauzan


Bagikan Artikel