Olahraga

Jombang, Mojokerto, dan Sidoarjo Tuan Rumah Porprov VIII Jatim


LUMAJANG – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah menunjuk Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto, sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII pada tahun 2023 mendatang.

Penunjukan itu berdasarkan surat keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/439/KPTS/013/2022 tentang Penunjukan Tuan Rumah Porprov Jawa Timur VIII tahun 2023. Tertulis dalam surat tertanggal 1 Juli 2022 itu, disebutkan bahwa keempat daerah tersebut telah ditunjuk sebagai tuan rumah Porprov VIII.

Dikonfirmasi terkait kebenaran surat tersebut, Sekretaris KONI Kabupaten Probolinggo Chalid Abubakar membenarkan adanya surat keputusan tersebut. Disebutnya surat yang diterimanya pada 1 Juli 2022 kemarin itu. Memang menyebutkan jika penetapan tuan rumah Porprov VIII telah ditentukan atau ditunjuk oleh Gubernur Jatim di keempat Kota dan Kabupaten tersebut.

“Memang benar adanya surat keputusan tersebut yang sampai pada kami. Tertera di surat itu jika tuan rumah Porprov VIII adalah Kabupaten Jombang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto dan Kota Mojokerto,” ujarnya, Sabtu (2/7).

Dijelaskannya, dengan penetapan keempat daerah tersebut sebagai tuan rumah. Sekaligus membuka teka-teki pelaksanaan Porprov yang sempat menjadi tanda tanya di kalangan pengurus KONI di tingkat daerah. Pasalnya paska terjadinya pengunduran jadwal Porprov VII ke tahun 2022. Sempat terjadi spekulasi bahwa Porprov VIII akan dilaksanakan dua tahun setelahnya atau pada tahun 2024 mendatang.

“Alhamdulillah dengan adanya surat keputusan tersebut, di sisa waktu satu tahun ini. Kami bisa melakukan persiapan untuk menata lagi kekuatan kami untuk menghadapi Porprov VIII mendatang,” jelasnya.

Lebih lanjut, Chalid mengatakan untuk penyelenggaraan Porprov VII di empat Kabupaten Kota kali ini yakni di Kabupaten Bondowoso, Jember, Lumajang, dan Situbondo. Dapat dikatakan sukses tanpa adanya insiden berarti. Dia pun mengapresiasi kerja panitia Porprov VII yang telah bekerja keras menyelenggarakan event olahraga terbesar di Jawa Timur tersebut.

“Terima Kasih kepada para tuan rumah Porprov VII yang telah melaksanakan kegiatan pesta olahraga ini dengan sukses. Sehingga kami selalu peserta pun turut terbantu dan dengan senang hati telah hadir dan bertanding di Porprov ini,” pungkasnya. (tm/ra)


Bagikan Artikel