Olahraga

Plt Bupati Lepas Kontingen Atlet Kabupaten Probolinggo


KRAKSAAN – Sebanyak 209 atlet dan 64 tim offisial dari 26 Cabang Olahraga (Cabor) dilepas oleh Plt Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko pada Senin (20/6). Dalam acara pelepasan atlet yang akan ikut serta dalam Pean Lahraga Provinsi (Porprov) 2022 itu. Timbul berpesan agar para atlet bertanding dengan totalitas dan sportifitas.

Dalam sambutannya, Timbul menyampaikan agar para atlet bisa tampil tanpa beban. Dengan demikian diharapkan para atlet bisa mengeluarkan seluruh potensi terbaiknya dan mampu memberikan prestasi terbaiknya bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo.

“Tampil lepas saja sudah dan berikan penampilan yang terbaik. Tidak perlu merasa minder apalagi terlalu memikirkan target yang telah dipatok oleh pengurus. Insya Allah kalian (Atlet, red) akan diberikan prestasi yang terbaik,” ujarnya dihadapan ratusan atlet yang hadir di ruang pertemuan Madakaripura, Kantor Bupati Probolinggo, Senin (20/6).

Disebutnya, target bisa berada di posisi papan tengah atau 15 besar adalah target yang realistis. Mengingat banyaknya atlet yang dikirim mengikuti Porprov ke VIII di 4 kabupaten sekaligus, Yakni: Jember, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo.

“Dari jumlah atlet yang dikirimkan saja sudah cukup banyak. Ini tentunya merupakan bentuk kepercayaan dari para pengurus KONI kepada para atletnya. Tinggal bagaimana nanti hasilnya, kita tunggu saja,” sebutnya.

Pun demikian, Timbul menjelaskan bahwa prestasi atlet tak bisa lepas dari tersedianya sarana dan prasarana olahraga yang mumpuni. Oleh karena itu, pihaknya akan tetap mengupayakan yang terbaik untuk menyediakan berbagai sarana dan fasilitas olahraga di kabupaten Probolinggo.

“Jika dibandingkan sarana olahraga di daerah lain, kita harus mengakui kalau kita tertinggal. Namun kita tak bisa berdiam diri dan menerimanya. Oleh karena itu secara bertahap akan kita benahi dan adanya berbagai sarana olahraga yang layak untuk beberapa tahun kedepan,” jelasnya.

Disebutnya sarana seperti sport center, adalah salah satu lokasi atau tempat yang menjadi tolok ukur hidupnya olahraga di suatu daerah. Karena itu, secara pribadi dirinya ingin untuk membangun atau merehab Stadion Gelora Merdeka Kraksaan untuk menjadi sebuah sport center terpadu.

“Namun memang kita harus melihat lagi ketersediaan anggarannya. Namun ini adalah bentuk komitmen dan keinginan kami yang merepresentasikan harapan dari para insan olahraga di kabupaten Probolinggo,” sebutnya.

Tak lupa, Timbul juga berpesan kepada seluruh atlet untuk menjaga sportifitas ketika bertanding. Menurutnya kalah atau menang adalah hal yang biasa dalam sebuah olahraga. Namun lebih penting dari itu yakni tampil apik dan menjaga sportifitas adalah inti dari keberadaan olahraga selain untuk menyehatkan jiwa dan raga.

“Saya berpesan kepada para atlet, karena membawa nama baik daerah. Harap tampil dengan sportif dan hindari adanya insiden atau kericuhan yang tidak perlu,” tegasnya.

Sementara itu Ketua KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko menyampaikan apa yang disampaikan oleh Plt Bupati adalah penyemangat bagi para atlet. Karena terbukti ada komitmen yang kuat dari Pemkab Probolinggo untuk mendukung perkembangan olahraga ke arah yang lebih baik.

“Mari kita buktikan bahwa atlet kabupaten Probolinggo bisa bersaing dengan atlet dari daerah lain. Dan semoga target yang telah dipatok itu bisa kita penuhi bahkan lampaui,” tandasnya.

Diketahui ratusan atlet kabupaten Probolinggo itu akan bertanding diajang Porprov 2022 mulai tanggal 25 Juni – 5 Juli mendatang. Dimana ratusan atlet itu harus bersaing dengan ribuan atlet lainnya dari 38 Kabupaten/Kota se Jawa Timur. (tm/ra)


Bagikan Artikel