Olahraga

Kesampingkan Musorkab, KONI Fokus Porprov


PROBOLINGGO – Ditengah persiapan KONI Kabupaten Probolinggo dalam menyiapkan sebanyak 209 atletnya diajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur (Jatim) 2022. Terdapat agenda lain yang tak kalah pentingnya, yakni Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) Probolinggo yang rencananya digelar pada akhir Juli mendatang.

Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi yang digelar dalam rangka persiapan Porprov dan Musorkab di Hallroom Ombas Cafe, Kota Probolinggo pada Jumat (17/6). Acara diikuti oleh sebanyak 31 Ketua Pengkab Cabang Olahraga (Cabor) dibawah naungan KONI Kabupaten Probolinggo. Disepakati bahwa penyelenggaraan Musorkab baru akan digelar seusai gelaran Porprov di 4 Kabupaten, yakni Jember, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo.

Ketua KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko mengungkapkan, untuk saat ini fokus utama seluruh pengurus KONI adalah pada keikutsertaan mereka di ajang Porprov. Sehingga untuk sementara waktu urusan Musorkab dapat dikesampingkan.

“Kita fokus dulu ke Porprov, untuk sementara waktu urusan Musorkab dapat ditangguhkan dulu. Namun demikian kami sudah membentuk tim untuk mengurus segala persiapan untuk penyelenggaraan Musorkab itu,” ungkapnya, Jumat (17/6).

Dijelaskannya, untuk penyelenggaraan Musorkab yang digelar setiap 4 tahun sekali itu. Pihaknya akan memberikan kebebasan kepada setiap Pengkab Cabor untuk mengusulkan Calon Ketua Umum (Caketum). Namun demikian sesuai dengan mekanisme dan AD/ART KONI yang ada, maka proses pemilihan akan dilakukan lewat pemungutan suara atau voting.

“Mekanismenya tetap sama dengan Musorkab yang telah dilakukan sebelumnya. Kami hanya akan menyiapkan kepanitiaan Musorkab itu. Untuk prosesnya kami serahkan kepada para Pengkab cabor pemilik hak suara untuk menentukan pilihan ketua umumnya,” jelasnya.

Namun demikian, Sugeng kembali menegaskan bahwa untuk urusan Musorkab tidak perlu dibahas terlebih dahulu. Mengingat saat ini seluruh SDM yang ada di dalam tubuh KONI Kabupaten Probolinggo tengah fokus pada Porprov.

“Kita fokuskan dulu untuk Porprov. Setelah itu kita bisa leluasa menggelar Musorkab,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pengkab Cabor Kick Boxing Kabupaten Probolinggo Anshori menyampaikan dukungan kepada Ketua umumnya. Menurutnya saat ini yang terpenting bagi para pengurus Cabor adalah untuk memaksimalkan prestasi atletnya.

“Urusan Musorkab, tidak perlu dibahas dulu. Sementara kita fokus untuk gelaran Porprov terlebih dahulu. Apalagi targetnya adalah untuk di papan tengah se Jatim,” pungkasnya. (tm/ra)


Bagikan Artikel