Olahraga

Pecatur Kabupaten Probolinggo Sabet Medali Perak SEA Games


HANOI – Pecatur asal Kabupaten Probolinggo, International Master (IM) Mohammad Ervan tampil apik di ajang SEA Games 2021 akhir pekan lalu. Melalui nomor catur klasik Ervan sapaan akrabnya, berhasil menyumbang medali perak yang sekaligus menambah pundi-pundi medali bagi kontingen SEA Games Indonesia.

Kesuksesan Ervan ini juga diikuti oleh dua pecatur Indonesia lainnya yakni Woman International Master (WIM) Dewi Citra Ardhiani Anastasia dan WIM Irene Kharisma Sukandar. Kedua atlet catur wanita ini masing-masing berhasil menyumbangkan medali emas dan perak bagi kontingen SEA Games Indonesia.

Bertanding di Gedung Quang Ninh Exihibition Center, Halong City, Vietnam pada Minggu (15/5) lalu. Ervan mengakhiri kompetisi dengan berada di peringkat kedua setelah pada babak terakhir meraih hasil remis ketika melawan pecatur tuan rumah, yakni Grand Master (GM) Tran Tuan Minh.

Dengan hasil itu membuat IM Ervan secara keseluruhan berhasil mengemas poin 6,5. Dia kalah 0,5 poin dari wakil tuan rumah lainnya yakni Nguyen Ngoc Truong Son yang pada babak kesembilannya berhasil mengalahkan Fide Master (FM) Lye Lik Zang.


Tambahan, 1,0 poin hasil kemenangan atas pecatur asal Malaysia itu. Membuat GM Ngoc Truong Son kokoh di puncak klasemen dengan nilai poin 7,0. Sementara medali perunggu diraih oleh IM Tin Jingyao dari Singapura yang sebelumnya dikalahkan oleh IM Ervan.

Menanggapi raihan medali yang disumbangkan oleh Ervan bagi kontingen SEA Games Indonesia itu. Ketua KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko mengaku bangga dan sangat mengapresiasi raihan dari pria kelahiran Probolinggo, 5 Mei 1992 itu.

Menurutnya prestasi yang berhasil diukir oleh Ervan itu. Selain mengharumkan nama bangsa Indonesia, namun juga secara tidak langsung mengangkat nama daerah asalnya, yakni Kabupaten Probolinggo.

“Pertama mendengar kabar bahagia itu, tentunya kami sangat bangga. Apapun medali yang diperolehnya, itu berkat hasil kerja kerasnya selama ini. Kami turut senang dan semoga menginspirasi atlet muda lainnya,” ujar Sugeng.

Lebih lanjut, Sugeng menyebut bahwasannya pencapaian Ervan in SEA Games kali ini. Diharapkan mampu memotivasi atlet lainnya di kabupaten Probolinggo untuk tampil dan berprestasi diajang yang kompetitif.

“Dalam waktu dekat ini ada ajang Porprov, dari situ atlet nantinya bisa punya jalan ke PON. Dari PON nantinya bisa ikut menjadi kontingen SEA Games. Tapi semua itu butuh proses yang tak mudah, dan Alhamdulillah Ervan sudah membuka jalan serta memberikan contohnya,” pungkasnya singkat. (tm/ra)


Bagikan Artikel