Olahraga

Porkab Probolinggo 2021 Resmi Dimulai


KRAKSAAN – Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Probolinggo 2021 resmi dimulai sejak Senin (29/11). Pesta olahraga terbesar di Kabupaten Probolinggo itu dibuka langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko di Gedung Olahraga (GOR) Sasana Krida Kraksaan.

Sejumlah pejabat hadir dalam acara pembukaan itu. Seperti Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi, Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo David Palapa Duarsa, Perwakilan KONI Jawa Timur Dudi Harjantoro, Ketua KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko, dan sejumlah pimpinan perusahaan yang ada di Kabupaten Probolinggo.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko

Pembukaan Porkab yang digelar tanpa penonton itu terdiri dari sejumlah rangkaian acara. Diawali dengan parade defile atlet perwakilan 24 kecamatan di Kabupaten Probolinggo, pembacaan sumpah atlet, pertunjukan senam dari Persani kabupaten Probolinggo, dan aksi atlet panahan sebagai penutup acara pembukaan.

Plt Bupati Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko, mengapresiasi KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kabupaten Probolinggo yang tetap bersemangat untuk menggelar Porkab meski telah 2 kali ditunda.

“Pengurus KONI ini tak henti-hentinya berupaya untuk meyakinkan pemerintah daerah untuk menyelenggarakan even ini. Namun karena adanya kebijakan yang lebih tinggi, sehingga rekom dari Satgas Provinsi juga harus dikantongi. Alhamdulillah, akhirnya KONI bisa mendapatkan rekom itu,” ujarnya ketika memberikan sambutan.

Pertunjukan senam dari Persani kabupaten Probolinggo.

Ia menyatakan imbal balik dari penyelenggaraan Porkab ini sudah jelas. Yakni, target raihan prestasi di tingkat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur yang akan digelar pada pertengahan tahun 2022. Yakni di Kabupaten Lumajang, Jember, Situbondo dan Bondowoso.

“Harapan saya, dari Porkab inilah nantinya muncul bibit atlet yang berpotensi untuk dilatih dan digembleng sebagai atlet yang akan dipersiapkan untuk mewakili nama Kabupaten Probolinggo di ajang Porprov tahun depan,” terang Plt Bupati.

Ketua KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko mengatakan, Porkab merupakan salah satu program unggulan KONI pada tahun 2021. Kegiatan ini bertujuan menjaring sebanyak mungkin atlet berpotensi dari 14 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.

“Dengan partisipasi atlet sebanyak 1.628 atlet yang mengikuti Porkab ini, kami telah menginstruksikan kepada setiap pelatih dari 14 pengkab (pengurus kabupaten, red) cabor untuk jeli dalam melihat potensi atlet yang ikut serta di ajang ini,” ujarnya.

Pengurus KONI dan Forkopimda Kabupaten Probolinggo berfoto bersama.

Instruksi tersebut dimaksudkan agar pada tahun 2022 KONI Kabupaten Probolinggo fokus membina atlet untuk persiapan Porprov. Bahkan sejumlah program pembinaan telah disusun untuk mempersiapkan atlet terbaik Kabupaten Probolinggo untuk berpartisipasi di ajang Porprov.

“Menyiapkan atlet jadi itu tidak mudah dan butuh waktu dan proses. Nah, kita sudah mulai salah satu dari prosesnya, yakni lewat gelaran Porkab ini. Semoga kita bisa menjaring bibit atlet yang berpotensi dan berkualitas untuk dipersiapkan di Porprov mendatang,” tegasnya. (tm/adv)


Bagikan Artikel