Olahraga

Porkab Probolinggo 2021 Siap Digelar


KRAKSAAN – Pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Probolinggo 2021 siap digelar pada Senin (29/11) ini. Sebagai bentuk persiapan akhirnya, KONI Kabupaten Probolinggo selaku panitia Porkab menggelar acara gladi bersih di gedung Sasana Krida Kraksaan, kemarin (28/11).

Sekretaris KONI Kabupaten Probolinggi Chalid Abubakar mengatakan, gladi bersih  bertujuan memantapkan persiapan teknis dan non teknis. Terutama menjelang penyelenggaraan acara pembukaan Porkab yang sebelumnya setempat dua kali tertunda.

“Karena sudah dua kali ditunda, maka pada dasarnya tidak ada persiapan khusus. Hanya pemantapan dan penyesuaian, sesuai dengan aturan prokes yang jadi komitmen kami,” ujar Chalid kemarin.

Menurutnya, dalam penyelenggaraan acara pembukaan Porkab in, pihaknya telah membuat konsep yang sederhana dan minimalis. Sebab, dalam acara pembukaan Porkab ini tidak boleh menghadirkan penonton, melainkan hanya tamu undangan, atlet, offisial, dan panitia penyelenggara. “Selebihnya tidak boleh masuk, dan harus melewati seleksi protokol kesehatan yang disipakan oleh panitia. Hal ini penting agar tidak sampai terjadi penularan Covid-19,” terangnya.

Dijelaskan, meski dengan konsep minimalis dan sederhana, namun tidak mengurangi dari tujuan memeriahkan gelaran Porkab Probolinggo 2021. Pasalnya, Porkab  merupakan ajang pesta bagi insan olahraga di kabupaten Probolinggo. Sehingga aksi dari sejumlah cabang olahraga akan tetap dihadirkan sebagai sarana pertunjukan yang bisa juga dinikmati secara virtual.

“Akan ada pertunjukan senam, memanah, parade defile atlet perwakilan dari 24 kecamatan, dan motivasi dari para atlet asli kabupaten Probolinggo yang berprestasi diajang PON Papua yang lalu,” jelasnya.

Chalid menambahkan, tidak ada acara hiburan musik, karena acara pembukaan Porkab hanya akan digelar secara singkat. Lantaran selanjutnya venue yang dipakai akan dilangsungkan pertandingan pembuka yakni dari cabang olahraga (Cabor) Pencak Silat. “Setelah pembukaan langsung digelar pertandingan pencak silat. Tidak ada acara musik sama sekali selain dari paduan suara,” sebutnya.

Setelah acara pembukaan, maka seluruh pertandingan di 14 cabang olahraga yang diikuti oleh sekitar 1.600 atlet di 24 kecamatan di kabupaten Probolinggo dimulai. “Mereka akan bertanding di 10 venue pertandingan yang sudah disiapkan oleh panitia. Mudah-mudahan acara ini bisa berjalan dengan lancar tanpa insiden,” pungkasnya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel