Olahraga

Dapat Rekom, Porkab Probolinggo Digelar Akhir November


PROBOLINGGO – Jerih payah yang dilakukan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo akhirnya membuahkan hasil. Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Probolinggo yang dua kali tertunda telah dikonfirmasi jadwalnya. Porkab akan diselenggarakan pada 28 November – 8 Desember mendatang.

Ketua KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko mengatakan, kepastian itu didapat setelah terbitnya surat rekomendasi yang dikeluarkan oleh Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Timur. Ia menerangkan, Satgas Covid-19 telah mengizinkan KONI Kabupaten Probolinggo untuk menyelenggarakan event Porkab Probolinggo di tengah masa PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) level 3.

“Surat rekomendasinya sudah turun. Kami diizinkan untuk mengadakan Porkab Probolinggo sebelum akhir tahun ini. Dengan catatan kami wajib menerapkan aturan peotokol kesehatan secara ketat dan tanpa penonton,” terangnya, Minggu (21/11).

Menurutnya, syarat penerapan protokol kesehatan dan tanpa penonton itu pada dasarnya telah dipenuhi oleh KONI Kabupaten Probolinggo selaku panitia penyelenggara event pesta olahraga terbesar di kabupaten Probolinggo itu. “Kami sudah menyusun buku pedoman dan petunjuk teknis penyelenggaraan pertandingan yang sesuai dengan protokol kesehatan. Bahkan pedoman itu sudah dipahami betul oleh setiap atlet dan pengkab cabor,” ungkapnya.

Meski demikian, pihaknya tak ingin gegabah. Pasalnya masih ada tahapan yang harus dilakukan. Yakni mengajukan penjadwalan ulang Porkab kepada Pemkab Probolinggo dan Polres Probolinggo. Hal ini penting dilakukan demi menjamin penyelenggaraan Porkab tanpa adanya kembali penundaan.

“Pekan ini juga akan kami sampaikan surat pemberitahuan terkait adanya rekom Satgas Covid-19 Provinsi Jawa Timur. Sekaligus menjadwalkan ulang penyelenggaraan Porkab pada akhir November hingga awal Desember mendatang,” terang Sugeng.

Perlu diketahui, Porkab Probolinggo 2021 akan diikuti oleh sedikitnya 1.600 atlet dari 14 cabang olahraga yang dipertandingkan. Para atlet berprestasi dari ajang ini, berpotensi untuk diikutsertakan dalam ajang Porprov pada pertengahan 2022 mendatang. (tm/eem)


Bagikan Artikel