Olahraga

Stadion Gelora Merdeka Akhirnya Jadi Venue Porkab 2021 


PROBOLINGGO – Stadion Gelora Merdeka Kraksaan diizinkan digunakan sebagai venue Porkab (Pekan Olahraga Kabupaten) Probolinggo 20 Oktober – 2 November 2021. Namun untuk itu ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Di antaranya ialah syarat kebersihan dan keamanan lingkungan. 

Kepastian itu muncul setelah Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) setempat mengeluarkan surat izin pinjam pakai Stadion Gelora Merdeka Kraksaan.

Kasi Sarana dan Prasarana pada Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Suhartini  membenarkan terbitnya surat ijin tersebut. Menurutnya surat izin  tertanggal 12 Oktober 2021 yang ditandatangani langsung kepala Disporaparbud Sugeng Wiyanto itu merupakan bentuk komitmen dan dukungan Pemkab Probolinggo untuk suksesnya penyelenggaraan Porkab tahun ini.

“Surat izin pinjam pakai stadion gelora Merdeka Kraksaan-nya sudah terbit. Sehingga KONI Kabupaten Probolinggo berhak memanfaatkan dan memakai stadion itu untuk penyelenggaraan Porkab mulai akhir Oktober hingga awal November mendatang,” ujarnya, Selasa (12/10).

Disebutkan bahwa dalam surat pinjam pakai itu terdapat 3 poin syarat yang harus diperhatikan oleh KONI selaku peminjam sarana dan prasarana. Tiga poin syarat itu ialah terkait kebersihan lingkungan, keamanan stadion, dan penggunaan fasilitas stadion yang seluruhnya menjadi tanggung jawab peminjam.

“Poin-poin kesepakatannya sudah kami cantumkan dalam surat ijin tersebut. Pengurus KONI pun sudah menyepakati dan meyanggupi seluruh syarat tersebut tanpa terkecuali,” sebutnya.

Sementara itu, Sekretaris KONI Kabupaten Probolinggo Chalid Abubakar menyampaikan bahwa dengan terbitnya surat izin pinjam pakai itu, sudah dinanti sejak cukup lama. Pasalnya surat izin terdahulu sudah kadaluarsa dan tak bisa dipakai lantaran tanggalnya sudah lewat akibat adanya penundaan Porkab pada Agustus lalu.

“Alhamdulillah, kami masih diberikan kesempatan untuk memanfaatkan aset Pemkab tersebut. Karena memang kebutuhan akan stadion dalam gelaran Porkab adalah suatu keharusan. Utamanya ditengah pandemi Covid-19 ini, ” katanya.

Lebih lanjut, Chalid menyebutkan bahwa di stadion Gelora Merdeka Kraksaan itu akan dijadikan venue untuk 2 cabang olahraga (Cabor) yang dipertandingkan di Porkab, yakni cabor atletik, sepak bola, dan balap sepeda. “Dengan begitu akan ada sedikitnya 4 venue pertandingan untuk Porkab tahun ini. Semuanya dalam kondisi siap untuk menggelar pertandingan,” sebutnya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel