Olahraga

Jaga Ambisi Jadi Tuan Rumah Porprov


PROBOLINGGO – Kabupaten Probolinggo menjaga ambisi untuk menjadi salah satu tuan rumah Porprov Jawa Timur 2024. Bahkan Ketua KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko menyebutkan, rencana menjadi tuan rumah Porprov itu merupakan salah satu agenda utama Pmkab Probolinggo 3 tahun mendatang.

“Kami terus membangun komunikasi dengan Pemkab Probolinggo untuk menyiapkan segala sarana dan prasarana pendukung untuk Porprov tahun 2024. Terlebih kita telah mengajukan diri sebagai tuan rumah,” sebutnya, Selasa (12/10).

Dijelaskan bahwa rencana Kabupaten Probolinggo menjadi tuan rumah Porprov tidaklah berlebihan. Mengingat selama ini, Kabupaten Probolinggo belum pernah sekalipun menjadi tuan rumah dari ajang olahraga terbesar di Provinsi Jawa Timur tersebut.

“Potensi alam dan infrastruktur kita ada. Namun memang butuh proses pembangunan lebih lanjut. Utamanya untuk memastikan venuenya benar-benar layak dijadikan sebagai host pertandingan,” jelasnya.

Untuk menyiasati terbatasnya sarana dan prasarana untuk gelaran Porprov, terdapat opsi untuk menjadi tuan rumah bersama dengan daerah lain. “Situbondo, Pasuruan, dan Kota Probolinggo sudah menyampaikan ketertarikan mereka untuk turut menjadi tuan rumah Porprov 2024. Tinggal bagaimana proses lobi-lobinya ditingkat atas nanti untuk memastikannya,” terangnya.

Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko pun tak kalah antusiasnya dengan Sugeng. Bahkan Timbul menyatakan telah sejak jauh hari bahwa kabupaten Probolinggo sudah waktunya menjadi tuan rumah dari event bergengsi sekelas Porprov.

“Kita harus mengukir sejarah baru dengan menjadi tuan rumah porprov. Memang kita perlu banyak berbenah untuk itu. Namun di sisa waktu yang ada ini, kita akan coba maksimalkan ketersediaan sarana dan prasarana untuk beberapa cabang olahraga yang diperyamdingkan di Porprov,” paparnya.

Untuk itu, Timbul merencanakan pembangunan dan pembenahan sarana olahraga secara bertahap untuk tahun-tahun mendatang. Terlebih selain menjadi ajang pembuktian diri. Porprov dapat menjadi salah satu roda penggerak perekonomian rakyat

“Adanya Porprov akan menjadi penggerak roda perekonomian yang luar biasa. Mulai dari hotel hingga pedagang kaki lima pastinya akan ikut terdampak berkat kedatangan kontingen atlet dari daerah lain. Kesempatan ini tentunya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, tolok ukurnya dimulai dari gelaran Porkab ini,” katanya. (tm/iwy)


Bagikan Artikel