Olahraga

Mulai Siapkan Venue Porkab 2021


KRAKSAAN – Gelaran Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Probolinggo 2021 akan digelar pada akhir Oktober mendatang. Namun Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Probolinggo sudah cukup serius mempersiapkan even tersebut. Salah satunya adalah mempersiapkan venue pembukaan Porkab di GOR Sasana Krida Kraksaan hingga persiapan venue pertandingan di GOR Wijaya Maron.

Sekretaris KONI Kabupaten Probolinggo Chalid Abubakar mengungkapkan, persiapan dua venue tersebut sejalan dengan rencana KONI Kabupaten Probolinggo untuk menyelenggarakan Porkab 2021 secara desentralisasi atau tidak terpusat. Di dua venue tersebut, akan digelar berbagai pertandingan yang jadwalnya diatur bergantian untuk menghindari timbulnya kerumunan.

“Kami sangat memahami konsep penerapan prokes (protokol kesehatan, red). Sehingga sengaja kami rombak seluruh jadwal pertandingan di setiap cabor agar nantinya bergantian menggunakan venue yang ada,” ungkapnya, Minggu (26/9).

Chalid menerangkan, dua venue tersebut hanya digunakan untuk cabor indoor (dalam ruangan). Sedangkan cabor outdoor (luar ruangan) seperti balap sepeda, renang, dan sepak bola tetap akan dipertandingkan di venue masing-masing.

“Balap sepeda masih dimatangkan rutenya. Renang di kolam renang Jabung, sepak bola di Stadion Gelora Merdeka Kraksaan,” sebutnya.

Terkait penerapan prokes di setiap venue, Chalid menerangkan KONI tidak memperbolehkan penonton atau pendukung tim cabor yang bertanding untuk hadir. “Tidak boleh bawa pendukung atau penonton. Yang boleh hanya atlet yang bertanding dan offisialnya saja. Selain itu tidak boleh masuk, jadi venue harus steril termasuk atletnya harus sudah vaksin Covid-19 terlebih dahulu,” tegasnya.

Ia menerangkan, persiapan di GOR Sasana Krida Kraksaan dan GOR Wijaya Maron untuk sementara hanya berupa pemasangan banner penyambutan para atlet dan offisial.

“Persiapan acara pembukaannya sudah kami serahkan pada event organizer. Namun yang jelas pembukaan Porkab akan dilakukan secara sederhana dan virtual,” terangnya. (tm/eem)


Bagikan Artikel