Olahraga

Hoki Bergeliat, Buru Prestasi, Dikenal, Dilirik Pemuda-Pemudi


PROBOLINGGO – Olahraga hoki di Kabupaten Probolinggo tidak setenar sepakbola atau bola voli. Namun, bukan berarti hoki tidak ada sama sekali di Kabupaten Probolinggo. Saat ini olahraga hoki bahkan dibangkitkan dan digeliatkan oleh KONI Kabupaten Probolinggo. 

Hoki di Kabupaten Probolinggo memang jarang dikenal orang. Olahraga ini juga masih minim peminat. Untuk memikat minat-bakat pemuda-pemudi setempat, salah satu jenis olah raga bergengsi tersebut mulai digeliatkan pada publik.

Ketua Federasi Hoki Indonesia (FHI) Kabupaten Probolinggo Sukirman menuturkan, sejauh ini minat pemuda-pemudi terhadap olahraga hoki masih sangat minim. Basis olahraga ini berada di Kabupaten Gresik dan Surabaya. Karena itu, hoki di wilayah Kabupaten Probolinggo harus mulai digeliatkan lagi. Meski pada dasarnya, hoki di Kabupaten Probolinggo sudah diresmikan sejak tahun 2013 lalu.

Sukirman menuturkan, dalam waktu dekat akan ada kejuaraan provinsi (Kejurprov). Pihaknya mulai mempersiapkan tim dan para atlet untuk bisa ikut bertanding dan bersaing di kejuaraan tersebut. Mulai saat ini, pihaknya akan sering melakukan pelatihan pertandingan antar tim dalam daerah maupun luar daerah.

Pertandingan-pertandingan itu untuk melatih mental tanding para atlet. Sehingga dalam kejurprov nanti tidak ciut menghadapi lawan dari berbagai daerah. Sebab, menurut Sukirman, mental adalah bekal utama dalam sebuah pertandingan. Agar permainan tetap nampak cantik dan menakjubkan.

“Mental harus dipupuk dulu. Jadi kami latih para atlet bertanding dengan tim dari luar,” ungkap Sukirman usai pertandingan tim hoki putrid Kabupaten Probolinggo melawan The Hockey Papua Barat di Sasana Krida Kraksaan, Rabu (25/8).

Sukirman berharap dengan terbentuknya mental dan skill yang dimiliki para atlet, dapat meraih prestasi di kejurprov nanti. Sehingga, olah raga hoki di wilayah setempat semakin terkenal dan banyak dilirik para pemuda-pemudi. Secara otomatis, bakal banyak yang akan ikut dalam olah raga tersebut.

“Kami berupaya agar FHI di Kabupaten Probolinggo terus digeliatkan dan semakin besar. Ke depan dapat ikut dalam kejuaraan yang lebih bergengsi,” jelas dia.

Sedangkan bagi Ketua KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko, olahraga ini harus dikembangkan dan terus digeliatkan. Pelatihan dan uji coba pertandingan dengan tim lain harus dilakukan untuk memupuk mental para atlet. “Kami akan terus mendukung untuk perkembangan dan pertumbuhan para atlet FHI. Sehingga dapat meraih prestasi yang lebih tinggi lagi,” ungkap dia. (yek/iwy)


Bagikan Artikel