Istiqomah Mencerdaskan

Tercepat dan Terpercaya

Kesehatan

RSUD Waluyo Jati Raih Akreditasi Paripurna, Ini Poin Penilaiannya

KRAKSAAN – RSUD Waluyo Jati Kraksaan Kabupaten Probolinggo berhasil meraih akreditasi bintang lima (paripurna). Hal ini sebagai implementasi bahwa seluruh pelayanan di RSUD Waluyo Jati Kraksaan telah memenuhi Standar Mutu Layanan sesuai dengan standar Kementerian Kesehatan RI.

Menurut Wakil Direktur Pelayanan Kesehatan RSUD Waluyo Jati Kraksaan dr Hariawan Dwi Tamtomo, yang diniliai adalah keseluruhan kegiatan yang ada di rumah sakit, baik dari layanan klinis, layanan penunjang klinis maupun kegiatan managerial.

Menurut Hariawan, poin-poin penilaian dari akreditasi ini cukup komprehensif. Jadi ada tiga kelompok penilaian, yakni penilaian tata kelola rumah sakit. Bagaimana ini jajaran direksi dan manajemen ini menyusun, membuat regulasi dan menetapkan pedoman panduan terkait tata kelola rumah sakit, tegasnya.

Kedua, terang Hariawan, terkait dengan tata kelola klinis 1. Hal ini lebih banyak terkait dengan pelayanan medis. Bagaimana pelayanan pasien operasi, untuk biusnya seperti apa, kegiatan untuk pelayanan bedahnya seperti apa. Semuanya secara detail dinilai oleh tim penilai lembaga akreditasi nasional.

Serta ketiga tata kelola klinis 2 yang lebih banyak ke penilaian layanan penunjang. Disamping layanan klinis yang utama juga ada pelayanan klinis penunjang. Seperti layanan penunjang pemeriksaan laboratorium, pemeriksaan rontgen dan lain-lain, tambahnya.

Yang terbaru ada, tegas Hariawan, ada tambahan wajib 100 persen dan ini sudah menjadi mandatory Kemenkes untuk program nasional terkait stunting, penanganan TB, HIV, KB dan gizi. Hal ini menjadi salah satu variabel penilaian dan itu juga harus 100 persen. Jadi standarisasi harus paripurna, minimal harus mencapai 80 persen.

Plt Direktur RSUD Waluyo Jati Kraksaan dr Shodiq Tjahjono mengaku sangat bersyukur atas diraihnya akreditasi Paripurna oleh RSUD Waluyo Jati Kraksaan. Shodiq menerangkan, sebelumnya tahun 2017 RSUD Waluyo Jati Kraksaan sudah terakreditasi paripurna.

Dengan diraih lagi di tahun 2023, betul-betul membuktikan akreditasi paripurna bukan hanya sekedar upaya dapat penilaian, tetapi memang sudah menjadi tujuan dari pelayanan RSUD Waluyo Jati Kraksaan. (ra/iwy)

Tinggalkan Balasan