Kesehatan

RSUD Cadangkan Tabung Oksigen 11 Ton


MAYANGAN – RSUD Dr Moh. Saleh Kota Probolinggo saat ini mempunyai tabung gas oksigen dengan kapasitas 11 ton. Tabung dengan ukuran besar itu menjadi salah satu cadangan gas oksigen di rumah sakit tersebut.

Dari pantauan Koran Pantura, tabung itu sudah selesai dilakukan instalasi. Tabung oksigen 11 ton itu berada di sisi timur rumah sakit atau tepatnya di utara ruang paviliun. Dari tabung itu pula pasokan oksigen disalurkan ke seluruh ruangan di rumah sakit tersebut.

Plt Direktur RSUD Dr Moh. Saleh  dr Abraar HS Khuddah mengatakan, tabung dengan kapastigas 11 ton itu memang baru dibeli melalui pengadaaan darurat dua minggu lalu. Pengadaan tabung ini dilakukan karena RSUD kekurangan oksigen.

Bahkan karena kekurangan gas oksigen itu sempat mengganggu pelayanan, hingga terpaksa tidak menerima pasien. “Cuma, berapa biayanya, belum bisa kami ungkapkan,” kata dr Abraar, Kamis (19/8).

Menurutnya, pembelian tabung gas oksigen 11 ton itu menjadi pasokan cadangan, dalam artian penyangga oksigen tabung berukuran kecil yang ada dalam ruangan. “Kami belum tahu seberapa efisien nantinya, karena tabung itu cadangan ketika memang oksigen yang kami punya menipis,” katanya.

Hanya, jika melihat penggunaan tabung yang biasa di dalam ruangan dengan jumlah pasien Covid-19 banyak seperti bulan lalu, tak menutup kemungkinan tabung as oksigen dengan kapitas 11 ton itu bisa habis selama sebulan. “Tapi sekarang kan pasiennya tinggal sedikit. Jadi, mungkin lebih dari sebulan,” ujarnya.

Abraar berharap, adanya tabung oksigen dengan kapasitas besar itu bisa memaksimalkan layanan terhadap warga Kota Probolinggo. “Ya paling tidak ke depan sudah tidak khawatir kekurangan gas oksigen, karena yang kami punya kapasitasnya cukup besar,” terangnya. (rul/iwy)


Bagikan Artikel