Hukum & Kriminal

Tulang Dikirim ke Labfor

PROBOLINGGO – Tulang belulang yang ditemukan warga di Pelabuhan Perikanan Mayangan (PPM) Kota Probolinggo pada Senin (14/1) malam lalu telah dikirim ke Laboratorium Forensik (Labfor) Cabang Surabaya. Kemarin (16/1) pagi tulang belulang tersebut dikirim ke Labfor untuk segera mendapat kepastian apakah itu memang tulang belulang manusia.

Semula tulang tersebut rencananya baru akan dikirim ke Labfor hari ini. Namun, Polres Probolinggo Kota mempercepat, mengirimnya kemarin agar kasus ini segera mendapat kejelasan. 

Kasat Reskrim AKP Nanang Fendy Dwi Susanto mengatakan, memang ada dugaan bahwa tulang yang ditemukan itu tulang manusia. Namun, tetap ada kemungkinan bukan tulang manusia. “Pastinya kan menunggu hasil Labfor. Kalau sekarang kan belum pasti. Menurut kita, tulang manusia,” katanya, kemarin sore.

Menurutnya, jika nantinya Labfor menyatakan benar temuan itu adalah tulang manusia, maka penelitan akan diperdalam. Terutama menyangkut jenis kelamin, kapan meninggal, dan apa penyebabnya. “Kalau soal identitas, nanti bisa dikembangkan di penyelidikan,” tandas AKP Nanang.

Namun, proses penelitian di Labfor butuh waktu cukup lama. Menurut AKP Nanang, setidaknya baru diketahui hasilnya satu bulan mendatang. Hasilnya nanti akan diumumkan oleh dokter forensik Polda Jatim. Setelah itu polresta yang mengembangkan hasil dari Labfor.

 Sementara itu, kemarin AKP Nanang menyatakan telah meminta keterangan pada tiga saksi yang menemukan tulang-belulang tersebut. Mereka adalah Didin, Rudi dan Adi.

Selain memeriksa saksi dan olah TKP, pihaknya juga mengecek laporan orang hilang. Hasilnya, di Polsek Mayangan dan Polresta tidak ditemukan warga yang melapor kehilangan anggota keluarganya dalam enam bulan terakhir. (gus/iwy)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan