Hukum & Kriminal

Diparkir, Motor Baru Nyicil Hilang


PROBOLINGGO – Lagi-lagi, sepeda Motor matik Honda Beat milik warga Kota Probolinggo, hilang. Kendaraan roda dua milik Sofi, warga Kelurahan Sumbertaman, Kecamatan Wonoasih tersebut, digondol maling, Sabtu (24/4) petang.

Sepeda motor yang diparkir di depan toko tutup tersebut, dibawa kabur pencuri saat pemiliknya menyeberangkan pengendara. Korban merupakan relawan (Polisi cepek) yang tugasnya menghentikan kendaraan dan menyeberangkan warga. Lokasinya, di pertigaan utara perumahan Sumbertaman Indah, jalan KH Hasan Gengong atau jalan jurusan Probolinggo-Lumajang.

Saat dikonfirmasi, korban sedang tidak ada di lokasi pekerjaannya. Menurut Sejo, rekan korban yang satu profesi, Sofi tugasnya malam hari yakni, usai buka puasa hingga tengah malam. Dikatakan, dirinya tidak mengetahui pasti kejadiannya, mengingat belum ketemu dengan korban.

Warga RT 03 – RW 04, Blok Jenggrong kelurahan setempat ini, jarang ketemu dengan korban karena beda jam tugas. Meski begitu Sejo mendengar, kalau rekan seprofesinya tersebut, kehilangan sepeda motor. “Ya, katanya sepeda motornya hilang. Kalau tempat tinggalnya di perumahan Sumbertaman Indah,” katanya saat dikonfirmasi, Minggu (25/4) sore.

Tak hanya Sejo rekan kerja korban, Soleh penjual ayam goreng tepung (Fried Chicken) juga menyatakan, tidak tahu. Padahal lokasi parkir kendaraan yang hilang, didekatnya, yakni tak lebih dari 10 meter. “Saat kejadian, saya melayani pembeli. Jadi tidak tahu. Tapi benar motor Sofi, hilang,” ujar warga Desa Leces, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo tersebut.

Soleh mengetahui sepeda Sofi hilang, setelah pemiliknya bingung dengan sepeda motornya. Kejadiannya, Sabtu sekitar pukul 20.00 WIB. Sepeda motor yang diparkir didepan toko sembako, hilang. “Pemiliknya tanya ke saya. Ya saya bilang tidak tahu. Karena saya sibuk melayani pembeli,” jelasnya.

Ditambahkan, setap kali Sofi bekerja menyeberangkan warga, sepeda motornya selalu diparkir di depan toko, tak jauh dari tempat kerjanya. Namun, malam itu menurutnya, Sofi lagi apes, motor baru yang dibelinya kredit, digondol maling. “Sofi nanti malam tugasnya. Gantian sama Bapak Sejo,” pungkasnya.

Smentara itu Andre (37) membenarkan, kalau sepeda motor Sofi, hilang. Pria yang membuka tambal ban sekaligus menjual aneka jenis ban kendaraan roda dua di seberang (barat) jalan mengatakan tidak tahu. “Saya tidak tahu kejadiannya. Saya pas ada di dalam toko. Yang tahu istri saya,” ujarnya.

 Ani Lestari istrinya, sempat melihat dua pria yang salah satunya duduk di atas sepeda motor miliknya. Sementara seorang pria berdiri di depan rombong jualan Soleh. Lantaran dikira pembeli, istri Andre tidak curiga dan tidak begitu memperhatikan. “Tahu tahu pemiliknya ke sini nanya sepeda motornya. Saya bilang tidak tahu,” katanya.

Ditambahkan, motor Beat yang hilang diparkir bersamaan dengan sepeda motor Andre di tempat yang sama. Ditanya, apakah pelaku mengedarai sepeda motor, Andre mengnjawab tidak tahu. “Pokoknya istri bilang ada dua pemuda. Naik apa, istri saya, tidak tahu,” pungkasnya. (gus/ra)


Bagikan Artikel