Hukum & Kriminal

Bersenjata Pistol Kejut, Modus Minta Bonceng, Motor Disikat


PROBOLINGGO – Aksi pencurian sepeda motor terjadi lagi di Kota Probolinggo. Kali ini menimpa Siti Mujaidah (42), warga Jalan Anggur, Kelurahan/Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo. Sepeda motor matik Honda Scoopy bernopol N 2876 PN dibawa kabur pencuri di depan rumahnya, Selasa (6/4) pagi.

Dalam kejadian ini, pelaku beraksi seorang diri. Pelaku melancarkan aksinya dengan modus yang relatif baru. Pelaku mendadak membonceng ke motor korban. Tetapi setelah itu pelaku melumpuhkan korban, lalu membawa kabur sepeda motornya.

Dandira Afa (21), anak korban, membenarkan bahwa peristiwa pencurian yang dalami ibunya. Waktu dan tempat kejadiannya di depan rumahnya, kemarin selepas azan subuh. Diduga, pelaku menyanggong lokasi sebelum melaksanakan aksinya. Terbukti, pelaku tiba-tiba melompat ke jok atau membonceng saat korban mengendarai sepeda motornya.

Diceritakan, pagi itu Siti Mujaidah hendak menjemput temannya yang meminta antar ke Kelurahan Sumbertaman. Jaraknya sekitar 3 kilometer. Saat Siti Mujaidah keluar dari pekarangan rumahnya, tiba-tiba seseorang mendekatinya dan langsung melompat ke jok motor.  Lelaki yang tidak dikenal itu kemudian melumpuhkan Siti Mujaidah.

“Pelaku melompat ke jok sepeda motor yang dinaiki mama. Dari belakang mama ditekuk. Leher mama dipiting. Lalu mama disetrum dengan alat kejut hingga mama dan sepeda motornya roboh,” ujar Dandira saat di rumahnya kemarin.

Meski dalam posisi terjatuh, korban sempat melawan. Tetapi Siti Mujaidah tak berkutik setelah dipukul bagian wajahnya oleh pelaku hingga tersungkur. Melihat korban tak berdaya, motor korban dibawa kabur oleh pelaku.

Saudara korban dan warga sekitar yang mendengar teriakan korban, langsung berdatangan ke lokasi. “Saat kejadian, rumah sepi. Hanya ada penjual sayur keliling. Itupun tidak tahu kalau ada kejadian pencurian. Usai kejadian, mama melapor ke Polsek Wonoasih”, kata Dandira.

Terkait peristiwa tersebut, Kapolsek Wonoasih Kompol Kuzaini mengatakan, telah memeriksa atau meminta keterangan korban. Saat ini kasus pencurian dengan kekerasan itu tengah diselidiki. “Petugas reskrim polsek telah memintai keterangan korban terkait kejadian itu. Masih kami selidiki,” ujar Kapolsek. (gus/iwy)


Bagikan Artikel