Hukum & Kriminal

Edarkan Pil Koplo di Siang Bolong, Warga Sidodadi Diciduk Polisi


PAITON – Abdussyukur (22), warga Desa Sidodadi, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo tertunduk lesu saat digelandang ke Mapolsek Paiton. Ia diciduk lantaran kedapatan mengedarkan pil koplo pada teman sebaya di desanya, pada Selasa (16/2) siang.

Kapolsek Paiton AKP Noer Choiri mengatakan, penangkapan itu berawal dari laporan masyarakat yang resah akan ulah pelaku. Laporan itu diketahui terkait aktifitas transaksi jual beli pil setan di Desa Sidodadi.

Berdasarkan informasi tersebut, kata kapolsek, anggotanya bergegas mendatangi tempat yang di maksudkan. “Dan benar pada saat petugas tiba di lokasi pelaku sedang melakukan transaksi di rumahnya,” ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya mengamankan pelaku ke Mapolsek Paiton untuk dilakukan penyidikan. Selain mengamankan pelaku, polisi juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa, 117 butir pil warna putih logo “Y” jenis Trihexsipinidyl, dan uang hasil penjualan Rp 35.000.

Hasil interogasi, obat-obatan terlarang itu diedarkan pelaku pada teman sebayanya di sekitar tempat tinggal pelaku. Bahkan beberapa di antaranya juga diedarkan muda-mudi desa sebelah.

Saat ini pihaknya juga masih mendalami dimana pelaku mendapatkan barang terlarang itu. “Pelaku telah melanggar pasal 197 subsider pasal 196 UU RI No. 36 Tahun 2009 (Tentang Kesehatan) dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun,” pungkasnya. (yek/awi)


Bagikan Artikel