Hukum & Kriminal

Akun Wakil Bupati Probolinggo Dikloning


PROBOLINGGO – Beredar akun Facebook palsu yang merupakan kloningan/duplikat dari akun pribadi milik Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko. Akun Facebook yang menggunakan foto profil dan mencatut nama orang nomor 2 di Kabupaten Probolinggo itu, bahkan dipakai untuk menipu dengan modus meminta transfer uang.

Dari pantauan Koran Pantura akun facebook bernama Timbul Prihanjoko itu diketahui mulai menebar permintaan pertemanan sejak Rabu (18/11) pagi. Sejumlah orang dekat atau teman dari Timbul Prihanjoko yang asli dikirimi undangan pertemanan. Bahkan pengkloning akun Facebook wakil Bupati tersebut tak segan mengirimkan pesan berupa chat pribadi dengan tujuan meminta transferan uang untuk support kegiatan penggalangan dana untuk Covid-19.

Dikonfirmasi, Wakil Bupati Probolinggo Drs. A Timbul Prihanjoko mengatakan bahwa akun tersebut adalah bukan miliknya. Dia pun mengimbau kepada seluruh kolega dan masyarakat agar tidak termakan bujuk rayu dari penipu yang mengatasnamakan dirinya tersebut.

“Akun itu bukan milik saya, itu palsu dan hasil kloning akun pribadi saya di Facebook. Mohon jangan ditanggapi atau dilayani, terlebih kalau sampai meminta transferan sejumlah uang,” ujarnya, Rabu (18/11) kemarin.

Disebutkannya pula bahwa telah ada salah satu koleganya yang sempat tertipu dan sempat mentransfer sejumlah uang. “Ada yang sempat transfer senilai Rp 100 ribu, terus penipu itu minta lagi senilai Rp 2 juta. Karena curiga akhirnya kolega saya itu langsung menghubungi saya dan untungnya dia belum sempat transfer,” sebutnya.

Lebih lanjut pria asal kecamatan Maron itu mengatakan pihaknya sudah melaporkan kasus penipuan ini kepada pihak kepolisian. Dia pun berharap agar pelaku dapat segera ditangkap karena sudah mencemarkan nama baiknya. “Sudah saya laporkan ke Polres Probolinggo, semoga pelakunya segera ditangkap agar ada efek jera,” pungkasnya. (tm/ra)


Bagikan Artikel