Hukum & Kriminal

Usai Bacokan, Miras Disita Polisi


KRAKSAAN – Pasca terjadinya pesta minuman keras (miras) yang berujung pada pembacokan di Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan beberapa hari lalu, polisi bergerak melakukan pembersihan. Satuan Sabhara Polres Probolinggo pada Jumat (6/11) lalu berhasil menyita puluhan miras di wilayah setempat.

Puluhan botol miras berbagai jenis itu didapatkan dari rumah Jumat (45), warga Dusun Sukorejo, Desa Kalibuntu. Puluhan botol miras berbagai merk itu disita lalu dibawa ke markas Polres Probolinggo sebagai barang bukti.

Miras yang disita di antaranya berupa 28 botol arak Bali; 9 botol arak mini; 14 botol bir Bintang; 1 botol bir Prost; dan beberapa botol miras jenis anggur serta New Port.

Kasat Sabhara Polres Probolinggo Iptu Ahmad Jayadi mengatakan, razia miras dilakukan guna menekan potensi terulangnya kejadian serupa. Aksi kriminal, kata dia, amat sadis jika dibawah pengaruh alkohol.

“Razia awal kami hanya mendapati puluhan miras berbagai jenis. Selanjutnya, razia ini akan kami rutinkan untuk menjaga Kamtibmas wilayah hukum Polres Probolinggo,” kata Ahmad Jayadi.

Selain menyita miras, lanjut dia, pihaknya juga memberi pembinaan kepada penyedia atau penjual miras, berupa tindak pidana ringan (tipiring). Tujuannya, supaya ada efek jera dan tidak kembali menjual dan menyediakan minuman yang menjadi biang onar.

“Razia ini juga menjadi upaya kami menjaga keamanan dan tidak membuat keresahan di masyarakat. Hasil razia akan kami simpan kemudian dimusnahkan pada akhir tahun,” ungkap pria asal Kabupaten Sampang ini.

Sebagai informasi, pembersihan miras ini merupakan buntut dari insiden pembacokan sebelumnya. Pada Sabtu (31/10) malam, Polsek Kraksaan meringkus Ahmad Basir (45) warga Desa Sumberan, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo. Ia diringkus setelah terlibat kasus penganiayaan menggunakan senjata tajam.

Pelaku diringkus sekitar pukul 22.00 WIB, setelah membacok Sukriyadi (26) warga Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo menggunakan sebilah celurit. Ia diamankan di rumah istri sirinya di desa setempat. (yek/iwy)


Bagikan Artikel