Hukum & Kriminal

Kejar Maling, Dua Intel Kodim Nyaris Ikut Dimasa

KREJENGAN – Aksi pengejaran pelaku maling berinisial A (32) warga Desa Menyono Kecamatan Kuripan, ternyata menyimpan cerita penyamaran aparat.

Namun nahas, pada proses penangkapan pelaku, dua aparat Intel Kodim 0820 Probolinggo nyaris ikut jadi bulan-bulanan warga, Sabtu (5/1). Itu lantaran kedua aparat mengenakan seragam preman, sehingga warga menduga keduanya merupakan komplotan pencuri.

Sebelum kekacauan itu terjadi, sekitar pukul 15.30 WIB pelaku A mengambil sebuah dompet di salah satu mobil milik pembeli di Pasar Semampir Kota Kraksaan. Namun aksi pelaku tertangkap basah oleh pemilik mobil. Maka sepontan diteriaki, dan warga mengejar maling yang kabur itu.

Saat kejar-kejaran itu, pelaku dengan mengendarai sepeda motor Vario Nopol N 5817 NB kabur menuju Desa Sentong, Kecamatan Krejengan. Sementara dari arah berlawanan, ada Serda Budi Cahyono dan Serda Suyono yang tengah melakukan patroli rutin.

Mengetahui kejadian pencurian, kedua Intel Kodim tersebut segera berbalik arah dan turut mengejar pelaku. Tak lama, keduanya bersama warga berhasil mengamankan pelaku di pinggir sungai Desa Sentong. Hal itu setelah pelaku terjatuh dari kendaraannya.

Kemudian, warga langsung mengrumuni pelaku melampiaskan amarah hingga ada yang nekat menelanjangi pelaku. Sementaran kedua aparat yang berseragam preman, hendak melerai dari amukan warga yang nyaris tak terkontrol. Namun kekacauan terjadi, niat baik itu justru membuat kedua aparat  nyaris ikut mendapat bogem mentah dari massa.

Mereka gelap mata, aksi aparat tersebut dinilai membela dan ingin melindungi pelaku. Puluhan warga yang naik pitam itu, akhirnya berhasil diredam setelah aparat kepolisian datang ikut mengamankan. Akhirnya pelaku dibawa ke Mapolres Probolinggo.

“Dalam proses evakuasi tersangka, massa yang marah sempat menghakimi tersangka dan anggota unit Intel Kodim 0820 Probolinggo. Atas nama Serda Budi Cahyono juga terkena beberapa kali pukulan,” jelas Pasi Intel Kodim 0820 Probolinggo, Kapten Slamet saat dikonfirmasi.

Sementara Kasat Reskrim Polres Probolinggo AKP Riyanto menyampaikan, usai aksinya diketahui pemilik mobil dan warga. Pelaku melarikan diri namun digagalkan warga. “Kami mendapat info dari warga setempat, dan anggota kami segera mendatangi lokasi untuk mengamankan pelaku,” ujar Kasat. (yek/ra)


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan