Kategori: Hukum & Kriminal

Sebulan, Bekuk 15 Pengedar Pil Koplo

PAJARAKAN – Polres Probolinggo hanya butuh waktu sebulan untuk menangkap 15 pengedar pil koplo. Beberapa di antaranya adalah pengedar lama yang tak kunjung kapok menjalankan aksinya.

Wakapolres Probolinggo Kompol Agung Setyono mengatakan, 15 pengedar seluruhnya berasal dari Kabupaten Probolinggo. Mereka diringkus bersama jajaran Polsek dalam operasi tumpas narkoba semeru 2020.

“Sebagian pelaku lama, tapi sebagian besarnya pelaku baru. Seluruhnya berasal dari dalam Probolinggo. Jadi, meskipun pelaku lama, jaringan edarnya hanya di sekitar daerah sini saja,” terang Wakapolres dalam rilis di halaman Polres Probolinggo, Kamis (10/9) sore.

Para pengedar berikut barang bukti yang diamankan digelar dalam rilis tersebut. Pengedar yang telah ditetapkan sebagai tersangka itu mengenakan pakaian orange khas seragam tahanan.

Artikel Terkait

Wakapolres menerangkan, barang bukti yang disita adalah 11 gram narkotika jenis sabu-sabu golongan 1 dan 16.262 butir pil terlarang. Pil tersebut terdiri dari 12.284 butir pil dextrometrophan warna putih dan 3.618 pil tryhexipenidly warna kuning.

Dari hasil pemeriksaan, sebagian besar tersangka mengaku menjadi pengedar karena alasan ekonomi keluarga. Sehingga mereka terpaksa mengedarkan obat-obatan terlarang tanpa adanya izin yang sah. “Alasan klasik. Karena ekonomi,” ungkap Wakapolres.

Seluruh tersangka akan dijerat pasal 114 (1) subsider 112 (1) UU RI 35/2009 tentang Narkotika. Juga Pasal 197 sub 196 UU RI 36/2009 tentang Kesehatan. “Ancaman hukuman bagi tersangka obat-obatan maksimal 15 tahun penjara. Sementara untuk tersangka pengedar narkotika dihukum minimal 5 tahun penjara dan maksimal seumur hidup, serta denda Rp 1 miliar,” sebut Wakapolres. (yek/eem)

Artikel Terbaru

Diskominfo Latih Digital Branding Para OPD

KRAKSAAN - Untuk mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Probolinggo lebih kreatif membangun dan mengaktivasi…

22 Oktober 2020

Museum Probolinggo Diganti Museum Rasulullah

PROBOLINGGO – Kamis (22/10) sejak pagi hingga petang, Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin supersibuk. Pukul…

22 Oktober 2020

Pilkades Serentak 62 Desa, Siapkan Anggaran Rp 1,5 Miliar

KRAKSAAN – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di Kabupaten Probolinggo tahun 2021 mendatang dipastikan hanya…

21 Oktober 2020

Waduh, Ada Sampah Medis di Stadion Bayuangga

PROBOLINGGO - Warga di sekitar Stadion Bayuangga Kota Probolinggo mengeluhkan adanya tumpukan sampah yang berserakan…

21 Oktober 2020

Satpol Kota Probolinggo Bongkar Tempat Judi

PROBOLINGGO - Satpol PP Kota Probolinggo bergerak memberantas perjudian. Selasa (20/10) sore, Satpol PP membongkar…

20 Oktober 2020

TNBTS Ingatkan Soal Gempa Freatik

SUKAPURA - Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS) mengingatkan wisatawan tentang bahaya letusan…

20 Oktober 2020