Hukum & Kriminal

Korupsi DD Rp 244 Juta, Kades Blimbing Divonis 1 Tahun Penjara


KRAKSAAN – Sidang kasus dugaan penyalahgunaan anggaran Dana Desa senilai Rp 244 juta dengan terdakwa Kades Blimbing Kecamatan Pakuniran Suhari, kemarin (1/9) sudah sampai pada tahap putusan.  Dalam kasus ini, Kades Suhari dijatuhi vonis 1 tahun kurungan penjara.

Hal itu diungkapkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo Indra Adityo kemarin. Menurutnya, terdakwa divonis 12 bulan penjara. Selain itu, terdakwa diwajibkan membayar denda Rp 50 juta, dengan subsider satu bulan kurungan.

JPU menyatakan, terdakwa sudah terbukti korupsi Dana Desa (DD) tahun anggaran 2015-2017. “Hakim telah menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Suhari pidana penjara selama 1 tahun,” kata Indra yang menjabat Kasubsidit Pada Kasi Pidsus Kejari Kabupaten Probolinggo.

Dalam rentetan persidangan kasus tersebut, terdakwa terbukti melanggar pasal 3 Undang Undang Tipikor. Pasal tersebut menyatakan, setiap orang yang dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain atau suatu korporasi, menyalahgunakan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya karena jabatan atau kedudukan yang dapat merugikan negara atau perekonomian negara.

“Akhirnya apa yang kami dakwakan sebelumnya sudah terbukti di pengadilan. Pasal yang dibuktikan juga sama dengan dakwaan. Hanya hukumannya lebih ringan,” kata jaksa Indra.

Namun, imbuhnya, putusan itu masih belum inkrah. Sebab, pihak terdakwa diberi waktu 7 hari untuk melakukan keputusan. Apakah menerima vonis itu atau akan melakukan banding ke pengadilan tinggi nanti. “Waktu sidang terdakwa masih menjawab pikir-pikir dulu jawabnya pada hakim,” katanya

Diberitakan sebelumnya, Kades Suhari disangka terlibat korupsi dalam tiga perkara, yaitu  penyalahgunaan Dana Desa tahun anggaran 2015-2017. Lalu, penyalahgunaan Silpa Dana Desa tahun anggaran 2015-2016, dan penyalahgunaan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun anggaran 2015-2017. Perbuatannya disebut merugikan negara sebesar Rp 244.202.600. (yek/iwy)


Bagikan Artikel