Hukum & Kriminal

Rumah Kades Kecik Dibondet


BESUK – Sebuah ledakan yang diduga bersumber dari bondet atau bom ikan terjadi di rumah Soleh, Kepala Desa (Kades) Kecik, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, Minggu (21/6) sekitar pukul 01.00. Meski tidak sampai menimbupkan korban jiwa, namun ledakan itu cukup membuat kaget penghuni rumah maupun warga sekitar.

Ledakan akibat bondet di rumah yang berada di Dusun Krajan RT/RW 09/02 itu cukup keras merasakannya. Tidak sedikit warga sekitar yang mendengarnya. Setelah ledakan tersebut, warga pun mulai berdatangan ke rumah Soleh.

Umar Fauzi (25) seorang warga setempat mengatakan, pada saat kejadian ia sedang tertidur. Mendengar ada ledakan, ia pun mencoba mencari sumber suara tersebut.

“Tidak tahu pastinya seperti apa, saya kira ada bom meledak, karena keras banget. Dan ketika saya sampai sudah banyak warga yang datang,” katanya.

Saking kerasnya ledakan, beberapa alarm mobil warga sampai berbunyi akibat ledakan itu.

“Kaca rumah saya itu sampai bergetar semua, bahkan mobil teman saya yang rumahnya lumayan jauh dari sini, alarmnya sampai berbunyi,” ungkapnya.

Soleh, kades pemilik rumah, membenarkan bahwa ledakan yang diduga bondet tersebut terjadi di rumahnya. Ia merasa beruntung karena tidak ada satupun keluarganya yang menjadi korban.

“Ketika ada ledakan, yang saya ingat hanya cucu, dan alhamdulillah tidak apa-apa. Biasanya saya tidur larut malam, tapi semalam saya tidurnya dari pukul 10.00, jadi kaget pas ada ledakan,” katanya.

Kanit Reskrim Besuk Bripka Sus Jayanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan olah TKP (Tempat Kejadian Perkara).

“Kami sudah olah TKP dan sedang dalam pengembangan, dugaan sementara ledakan berasan dari petasan yang diletakkan di tembok pagar rumah, kemudian disulut. Perkiraan dari jejak kaki yang ada, pelaku hanya 1 orang,”  paparnya. (ay/eem)


Bagikan Artikel