Hukum & Kriminal

Menjambret, Alasannya Terdampak Corona


KRAKSAAN – Hairul (29), pelaku jambret yang menggasak dompet seorang pengendara wanita di Desa Kebonagung, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Senin (8/6) lalu, berdalih terpaksa. Pelaku asal Desa Selogudik Wetan, Kecamatan Pajarakan itu mengaku lantaran terdampak corona.

Itu disampaikan pelaku ketika ditemui di sel tahanan Polsek Kraksaan, pada Selasa (9/6). Kata Hairul, dirinya baru kali pertama melakukan jambret tersebut. Lantaran, tidak ada pemasukan untuk keluarganya. Sementara pengeluaran setiap hari untuk seorang istri dan anak semata wayangnya, cukup banyak.

Sehingga, terpaksa ia harus menjambret untuk membeli susu buah hatinya. Akal busuknya itu lahir saat ia berkendara di jalan dan melihat dompet seorang pengendara wanita di laci depan motornya. “Saya lihat itu, langsung punya pikiran untuk jambret. Saya buntuti lalu saya ambil,” kata ayah satu anak itu.

Menurutnya, aksi bejat yang dilakukannya itu, lantaran terdampak wabah corona. Sebelum wabah itu datang, ia mengaku masih bisa bekerja sebagai buruh bangunan. Namun, sudah 2 bulan terakhir ini, tak ada lagi pekerjaan untuknya. “Ada sih pekerjaan sampingan, tapi bukan pekerjaan tetap, hanya pembuat batu bata saja,” ucap Hairul dengan kepala tertunduk.

Atas perbuatannya itu, ia merasa menyesal dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi. Terlebih ia tak tega melihat buah hatinya yang kini masih berusia 2 tahun. “Saya sudah minta maaf waktu tertangkap warga itu. Yang dijambret ibu-ibu itu sudah memaafkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Kraksaan Kompol Sujianto mengatakan, pelaku jambret itu ditangkap oleh warga usai terjadi kejar-kejaran. Kemudian warga membawanya ke mapolsek untuk ditahan. Dari hasil penyelidikn sementara, pelaku itu baru kali pertama melakukan jambret.

“Kalau menjambretnya baru sekali, ngakunya kepepet untuk keperluan rumah tangganya. Sudah enggak kerja lagi karena pekerjaannya terdampak wabah corona,” terang mantan Kasat Sabhara Polres Probolinggo ini.

Diketahui sebelumnya, penjambretan terjadi di jalur pantura Desa Kebonagung, Kecamatan Kraksaan, pada Senin (8/6) siang. Korban jambret adalah Isroatul Ani (40) warga Desa Alassumur Kecamatan Kraksaan. Penjambretan terjadi ketika korban mengendarai motor matic dari arah timur ke barat. (yek/awi)


Bagikan Artikel