Hukum & Kriminal

Mantan Kades Renteng Menyerahkan Diri ke Polisi


GADING – Usai dua kali melakukan pembalakan liar (illegal logging) dan melarikan diri, mantan Kepala Desa Renteng Kecamatan Gading Nahrawi (54), akhirnya menyerahkan diri pada Polsek setempat, pada Senin (8/6). Pria itu mengakui perbuatannya atas keterlibatannya dalam kasus penggelapan kayu.

Kapolsek Gading Iptu Bagus Purnama mengatakan, mantan kades tersebut memang sudah diincarnya. Tepat setelah diketahui keterlibatannya dalam aksi pencurian kayu pada Selasa (28/4) lalu. Sempat saat itu, pihaknya bersama petugas Kepala Resort Pemangku Hutan (KRPH) setempat menghadangnya.

Akan tetapi, pelaku yang satu itu berhasil melarikan diri dari kejaran petugas. Pelaku meninggalkan kendaraan, dan kayu curiannya begitu saja. Bahkan dua rekan pelaku lainnya pun tega ditinggalkannya dan sudah mendekat di balik jeruji lebih dulu.

“Saat kendaraan yang mengangkut kayu jati diberhentikan oleh petugas hutan, pelaku kemudian berhasil melarikan diri. Sehingga pihak RPH menyerahkan beberapa barang bukti saja kepada kami,” kata Kapolsek Bagus.

Dari penyerahan barang bukti dan keterangan saksi yang diterimanya, mengarah kepada mantan Kades Renteng. Kemudian, pihaknya melayangkan surat panggilan pada yang bersangkutan beberapa kali. Namun panggilan itu tidak kunjung direspon.

“Tak lama kemudian, akhirnya pelaku menyerahkan diri. Barang bukti yang berhasil kami amankan berupa kendaraan truk warna kuning tanpa nopol dan sekitar 40 batang kayu jati blandongan berbagai ukuran,” terang Bagus.

Saat ini, imbuhnya, pelaku sudah dilimpahkan ke Polres Probolinggo untuk ditindaklanjuti. Dikhawatirkan ada pelaku lain dan motif tertentu yang dilakukan pelaku dalam aksi illegal logging yang dilakukannya. “Sudah dilimpahkan ke polres untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut,” tutupnya.

Sekedar informasi, aksi ilegal logging diketahui Selasa (28/4) pagi. Itu setelah Polsek Gading menerima penyerahan kendaraan berupa truk fuso yang digunakan untuk mengangkut kayu jati dari Resort Pemangku Hutan (RPH) Kecamatan Gading.

Temuan praktik ilegal logging berawal saat pihak RPH Kecamatan Gading melakukan Patroli di hutan Desa Renteng, Kecamatan Gading. Patroli dilakukan menyusul laporan adanya pengangkutan kayu yang diduga dilakukan dari hasil pembalakan liar. (yek/awi)


Bagikan Artikel