Hukum & Kriminal

Dua Sapi milik Warga Sumberasih Digondol Maling


SUMBERASIH – Aksi pencurian hewan ternak  terjadi di RT 02 – RW 03 Desa Mentor, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Dua sapi milik Hamid (43), Senin (27/4) dini hari dibawa kabur maling.

Berdasar informasi yang dihimpun di lokasi kejadian, korban mengetahui 2 sapi berjenis kelamin jantan dan betina dicuri, saat hendak makan sahur sekitar pukul 02.30. Satu jam sebelumnya, korban masih sempat memberi makan sapi di kandangnya.

Atas kejadian itu, korban merugi sekitar Rp 25 juta. Rinciannya, satu ekor sapi jenis jantan bulu merah tanduk mancung berusia 1,5 tahun harganya sekitar Rp 15 juta. Sedangkan sapi betina berbulu merah, tanduk mancung berusia sekitar 1,5 tahun, harganya Rp 10 juta.

Korban bersama kepala desa dan warga setempat sempat mencari sapi tersebut. Namun, hingga siang hari, sapi milik Hamid tersebut tidak ditemukan. Komplotan pencuri masuk kandang dengan cara membobol gedek atau anyaman bambu. Dinding gedek di bagian belakang kandang rusak dan menganga.

Kandang sapi berada di belakang rumah Hamid. Belakang kandang persis adalah pematang sawah, sehingga memudahkan pencuri melancarkan aksinya. Pencurian ini sudah dilaporkan ke Polsek Sumberasih. 

Kapolsek Sumberasih Iptu Suyanto mengaku sudah menerima laporan dari korban. Laporan tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan olah TKP. “Pastinya akan kami lidik dan tindak lanjuti. Kami sudah memeriksa beberapa saksi di sekitar lokasi,” jelasnya saat dikonfirmasi lewat telepon, kemarin.

Kapolsek berharap, warga tetap waspada terutama saat-saat menjelang lebaran. Warga terutama pemilik hewan ternak untuk tidak tidur usai melaksanakan santap sahur. “Tetap waspada dan menjaga keamanan lingkungan masing-masing. Kalau perlu, habis makan sahur tidak tidur dulu. Nunggu sampai adzan subuh atau menjelang fajar. Siapa tahu kesempatan singkat itu dimanfaatkan pencuri,” katanya. (gus/iwy)


Bagikan Artikel