Hukum & Kriminal

Mengadu Kelinci, Lima Orang Dibekuk


LECES – Jajaran Polsek Leces membubarkan aksi balap kelinci yang dilakukan oleh sekelompok warga di Dusun Koong, Desa Pondok Wuluh, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Minggu (26/4) malam. Polisi juga berhasil mengamankan lima pengadu kelinci tersebut. Dua di antaranya adalah perangkat desa setempat.

Kanitreskrim Polsek Leces Bripka M. Eko Aprianto mengatakan, penggerebekan dilakukan setelah pihaknya mendapatkan informasi dari warga sekitar. Warga merasa tak nyaman karena adu kelinci dilakukan di bulan suci Ramadan.

“Setelah mendapatkan informasi, kami cek, ternyata benar ada. Di bulan puasa dan mewabahnya Covid-19, mereka malah tidak memperdulikan apa yang dianjurkan Pemerintah,” ujarnya.

Sejatinya, di tempat kejadian perkara (TKP) terdapat lebih dari 5 orang. Akan tetapi, menurutnya, saat petugas datang, banyak pelaku lain yang berhasil kabur.

“Mengetahui kedatangan kami, lokasi langsung kocar kacir dan banyak yang berhasil lolos. Sehingga kami hanya bisa mengamankan 5 orang. Mereka kami beri pembinaan, dan sudah bertanda tangan untuk tidak mengulangi,” terang Bripka Apri.

Pihaknya tak hanya mengamankan pengadu kelinci. Tapi juga menyita alat-alat balap kelinci dan barang bukti berupa pengeras suara yang digunakan dalam adu kelinci tersebut. Ada pula 3 ekor kelinci yang juga disita.

“Apa yang sudah diamankan dan kami sita, langsung kami bawa ke Mapolsek untuk tindak lanjut. Kami lakukan penggerebekan untuk Kamtibmas dan anjuran dari pemerintah untuk social distancing,” tutur Bripka Apri. (yek/eem)


Bagikan Artikel