Hukum & Kriminal

Parah ! Motor di Masjid pun Dicolong


PROBOLINGGO – Pencuri motor kini semakin tidak beradab. Sepeda motor yang diparkir di depan masjid saat pemiliknya shalat pun digasak. Inilah yang dialami Mahwage Suprapto (58),  warga perumahan Kademangan Asri, Kelurahan Pilang Kota Probolinggo. Sepeda motornya dimaling saat ia shalat di masjid Babussalam, Senin (24/2) sekitar pukul 12.00.

Sutono (54) salah satu takmir masjid Babussalam membenarkan kejadian itu. Sepeda motor milik Wahwage Suprapto, salah seorang jamaah shalat dzuhur, hilang digondol maling. Bahkan Sutono harus hilir mudik dari Polsek Mayangan ke perumahan Kademangan Asri demi mengantar korban untuk laporan.

Sutono berterus terang tidak mengetahui langsung aksi pencurian ini. Sebab, ia tidak berada di masjid saat pencurian terjadi. Yang jelas, motor korban dicuri saat diparkir di depan masjid sisi paling selatan, dekat pintu masuk masjid.

Menurutnya, jika siang itu berada di masjid, maka dirinya akan melarang pemilik memarkir sepeda motor di ujung selatan. Sebab, tempat itu menjadi akses jalan bagi jamaah penyandang cacat atau jalan khusus kursi roda. “Kalau ada saya, kami arahkan parkir agak ke utara, karena akses jalan kursi roda jadi terganggu,” ujanya.

Sebenarnya, lanjut Sutono, di pintu gerbang masjid ada CCTV. Namun karena parkir kendaraan yang hilang di bawah CCTV, maka aksi pencurian tersebut lolos dari kamera pengintai. “Kendaraan korban diparkir di bawah CCTV. Jadi lolos dari lensa CCTV,” katanya.

Sutono berterus terang, masjid belum memiliki petugas keamanan. Dengan peristiwa itu, ia akan mengusulkan kepada takmir.

Diceritakan, korban kemarin dalam perjalanan pulang setelah menghadiri rapat di Pemkab Probolinggo, Kraksaan. Sebelum pulang, korban singgah di masjid untuk shalat. “Katanya dari rapat di pemkab. Korban bilang PNS di Kecamatan Gending,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu penyidik Polsek Mayangan membenarkan, kalau korban sudah melaporkan kejadian di Masjid Jamik Babussalam di Jalan KH Wachid Hasyim. “Ya, korban sudah laporan. Pasti kami tindak lanjuti,” katanya. (gus/iwy)


Bagikan Artikel