Hukum & Kriminal

Jadi Penadah, Pelajar SMA Diciduk


KREJENGAN – Polsek Krejengan berhasil mengamankan seorang penadah handphone curian berinisial BA (18), warga Kecamatan Gending, pada Senin (10/2). Pelaku yang masih di bawah umur itu diamankan usai melakukan pembobolan kunci akun hp curian di sebuah konter.

Kanit Reskrim Polsek Krejengan Bripka Fajar Setiawan menyampaikan, penangkapan pelaku bermula dari upaya pembobolan akun hp curian di salah satu konter di Kota Kraksaan. Pelaku meminta pemilik konter untuk meretas akun hp curian itu. Namun, pelaku menghubungi akun media sosial korban melalui hp tersebut.

Pemilik HP itu adalah Bustomi (24) asal Bali yang berdomisili di Desa Karangbong, Kecamatan Pajarakan. Dari pesan yang dikirim pemilik konter itu, pihak kepolisian pun langsung mendatangi pemilik konter.

“Ternyata pemilik konter itu disuruh oleh pelaku untuk meretas. Saat kami cocokkan, ternyaya hp itu milik seorang pelapor yang hp nya dicuri orang tak dikenal beberapa waktu lalu di Desa Temenggungan, Kecamatan Krejengan,” ungkapnya, Selasa (11/2).

Kemudian, lanjut Fajar pihaknya pun melakukan penangkapan pada pelaku di rumahnya. Pelaku BA ditangkap tanpa perlawanan dan diseret ke mapolsek untuk ditindak lanjuti. “Ternyata pelaku mendapatkan hp itu dari seseorang. Pelaku juga mengakui sering jual-beli hp melalui media sosial,” ungkapnya.

Namun, masih kata Fajar, pelaku tidak dijebloskan ke penjara. Sebab, status pelaku saat ini masih sebagai pelajar aktif tingkat SMA. “Tapi kami kenakan pelaku wajib lapor setiap minggunya,” tutup mantan Kanit Reskrim Polsek Besuk itu. (yek/awi)


Bagikan Artikel