Hukum & Kriminal

Tipu Pencari Kerja, Oknum PNS Diciduk Polisi


PAJARAKAN – Satreskrim Polres Probolinggo mengamankan Mamik Suryaningsih (38), warga Desa Wonorejo, Kecamatan Maron. Mamik ditangkap lantaran menipu Siti Rohmah (23), warga Desa Brabe, Maron. Modusnya, Rohmah dijanjikan bakal direkrut menjadi karyawan bank apabila membayar uang sebesar Rp 30 juta. Tetapi janji itu tidak pernah terpenuhi.

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto menyampaikan, mulanya korban Rohmah dikenalkan oleh rekannya pada pelaku. Karena korban baru lulus kuliah, berkeinginan untuk bekerja di salah satu bank. Kemudian, pelaku yang berprofesi sebagai PNS itu, berjanji bakal merekrutnya sebagai karyawan bank.

“Pelaku mengaku punya kenalan orang bank. Jadi, pelaku yang akan menjamin korban untuk bisa masuk dan bekerja di salah satu Bank,” ungkap kapolres, saat Pers Rilis di Halaman Polres Probolinggo, Selasa (4/2).

Namun, untuk bisa masuk itu, lanjut Kapolres, pelaku meminta uang jasa sebesar Rp 30 juta pada korban. Permintaan itu akhirnya dikabulkan oleh korban, dan uangnya diberikan langsung pada korban. “Perjanjian pelaku, kalau 5 bulan ke depan masih belum kerja, uang kembali,” tutur pria asal Pandaan Pasuruan itu.

Kapolres menyampaikan, sejak uang itu diberikan pada Bulan Agustus 2018 lalu, hingga kini korban belum kunjung diterima dan bekerja di bank. Akhirnya korban merasa tertipu dan melaporkan kejadian itu pada pihak kepolisian. “Janji pelaku tak tepat, akhirnya korban merasa ditipu dan melaporkan kejadian itu,” ungkapnya.

Sementara itu Mamik mengaku dirinya tidak punya kenalan orang bank. Uang yang diminta pada korban sudah digunakannya untuk kebutuhan sehari-harinya. “Saya menyesal. Saya tidak ada kenalan dengan orang bank. Itu hanya bohongan saja,” tuturnya. (yek/iwy)


Bagikan Artikel