Hukum & Kriminal

Guru Cabul Terancam 15 Tahun Penjara


PAJARAKAN – AY (35), seorang Guru Tidak Tetap (GTT) di salah satu SDN di Kecamatan Paiton, yang jadi tersangka kasus perkosaan terhadap muridnya sendiri, terancam hukuman berat. Pria asal Kecamatan Paiton itu terancam jerat hukuman 15 tahun penjara.

Kanit PPA Satreskrim Polres Probolinggo Bripka Isyana Reni Antasari menyampaikan, tersangka yang kini sudah mendekam di balik jeruji besi, dijerat dengan hukuman kurungan penjara maksimal 15 tahun. Karena tersangka merupakan tenaga pengajar, hukuman ditambah sepertiga dari 15 tahun. “Ya, kalau ditambah sepertiga bisa 18 tahun,” ungkapnya, kemarin (22/1).

Menurutnya, ancaman hukuman itu sudah sesuai dengan aturan yang berlaku dalam Pasal 76D UU no 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak. Dalam pasal itu dinyatakan bahwa setiap orang dilarang melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan, memaksa anak melakukan persetubuhan dengannya atau dengan orang lain.

“Kami tidak main-main dalam mengentaskan kasus macam ini. Apalagi korban masih di bawah umur dan statusnya masih merupakan pelajar aktif. Ditambah lagi, pelaku merupakan tenaga pengajar,” ungkap Reni.

Sebagaimana tugas guru, lanjutnya, harusnya memberikan contoh yang baik. Tapi tersangka justru memberikan contoh yang buruk. Bahkan melakukan perbuatan bejatnya di lingkungan pendidikan. “Sangat tidak etis. Itu bisa membuat siswa yang lain mengalami truamatik pada pendidikan,” tuturnya.

Selanjutnya, Bripka Reni menghimbau pada seluruh tenaga pengajar, terutama kepala sekolah, untuk lebih mengawasi siswa dan tenaga pengajarnya. Terutama agar kejadian serupa tidak sampai terulang kembali. “Terpenting, lebih selektif dalam memilih tenaga pengajar untuk para muridnya,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, AY yang memperkosa siswanya, Z, telah diamankan oleh Unit PPA Satreskrim Polres Probolinggo pada Kamis (16/1) lalu. Guru honorer asal Kecamatan Paiton itu tega menyetubuhi  muridnya di dalam kelas. Kelakuan bejat itu terjadi sejak Z kelas 4 hingga kelas 6. (yek/iwy)


Bagikan Artikel