Hukum & Kriminal

Lecehkan Presiden dan Bupati, Warga Tiris Disergap Polisi


PAJARAKAN – Seorang warga Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo berinisial A harus mendekam di sel tahanan Mapolres Probolinggo. Yakni setelah ia ditangkap jajaran Satreskrim Polres Probolinggo pada Selasa (7/1) siang. Pria ini menggunggah komentar yang dinilai melecehkan Presiden RI dan Bupati Probolinggo di media sosial Facebook.

Dua unggahan tersebut ada di dinding akun Facebook bernama Pujang Kelana. Unggahan kotor itu juga dibagikan ke sejumlah grup. Salah satunya grup Pasar Bawang Merah Probolinggo. Unggahan tersebut beredar luas hingga kemudian diketahui oleh Satreskrim Polres Probolinggo.

“Ya, ada seorang yang melakukan pelecehan pada Presiden RI dan Bupati Probolinggo itu. Orangnya sudah kami amankan tadi (kemarin, red) siang. Usai kami menerima kabar itu, langsung kami kerahkan anggota dan sekarang orang itu sudah diamankan,” ujar Kasat Reskrim Polres Probolinggo AKP Riski Santoso.

Menurutnya, kasus tersebut tengah didalami oleh pihaknya. Namun AKP Riski belum bisa memastikan apa status yang akan ditetapkan kepada warga Kecamatan Tiris tersebut. Sebab di media sosial, ada kemungkinan akun tersebut diretas oleh pihak lain yang kemudian menggunggah komentar tersebut. “Saat ini masih kami dalami kasusnya,” ungkap perwira Polri dengan tiga strip di pundaknya itu saat dikonfirmasi via telepon.

Jika nantinya, hasil penyelidikan benar status itu diunggah dengan sengaja. Pihaknya tak akan segan-segan menyeretnya ke ranah hukum.

“Belum kami tetapkan tersangka. Hanya terduga pelaku saja. Karena belum bisa dipastikan dia yang melakukannya, atau ada orang lain. Hingga saat ini masih kami dalami. Kalau memang benar, akan kami klarifikasi apa yang membuatnya, melakukan demikian,” kata pria asal Surabaya ini. (yek/eem)


Bagikan Artikel