Hukum & Kriminal

Kasus Narkoba Naik, Setahun Bekuk 132 Tersangka


PAJARAKAN – Kasus narkoba dan pil koplo di Kabupaten Probolinggo sepanjang tahun 2019 mengalami peningkatan. Di tahun 2018 terhitung ada 67 kasus narkoba yang ditangani Polres Probolinggo. Sedangkan pada 2019 terhitung ada 98 kasus, atau naik sekitar 25 persen. 

Dari 98 kasus narkoba yang ditangani itu, polres berhasil meringkus sebanyak 132 tersangka. Rinciannya, 127 pelaku dari kaum adam, dan 5 pelaku lainnya dari kaum hawa.

Sementara untuk barang bukti (BB) yang berhasil disita dari tangan pelaku yaitu 55,82 gram sabu-sabu (SS), dan 57.237 pil koplo. Pil koplo itu meliputi 32. 409 pil Trihexpenidyl (trex) dan 24. 768 pil Dextrometrophan (dextro).

Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto mengatakan, dilihat dari hasil tangkapan anggotanya, kasus penyalahgunaan narkoba dan pil koplo sepanjang tahun 2019 di wilayah hukum Polres Probolinggo cenderung meningkat. “Perbandingannya sekitar 25 persen lebih banyak tahun 2019. Atau sekitar 31 kasus,” ujarnya dalam rilis kemarin (1/1).

Peningkatan kasus narkotika di wilayah hukumnya itu merupakan sebuah bukti, bahwa banyak muda-mudi yang salah pergaulan. Terutama kaum pelajar yang sering kali ditemukan mengedar pil setan dan ijin edar.

“Kami akan gencarkan lagi dalam merazia penyalahgunaan penggunaan narkoba ataupun pil koplo. Terlebih, saat ini sudah sampai beredar di kalangan pelajar,” kata perwira asal Pandaan Pasuruan itu.

Kapolres menambahkan, untuk mengentaskan persoalan narkotika di kalangan remaja, perlu keterlibatan semua pihak. Baik dari orang tua maupun pihak lembaga pendidikan. Sebab, akhir-akhir ini pihaknya sering menemukan aksi tindak narkotika dan transaksi jual-beli yang dilakukan pemuda berseragam.

“Sekarang sudah tak pandang siapa. Bahkan sudah banyak korban yang berjatuhan karena kasus pil koplo atau sabu. Perlu perhatian dan kepedulian bersama untuk saling mengawasi dan memperhatikan pergaulan remaja saat ini. Agar tidak terjerumus pada lubang yang lebih mengerikan,” kata AKBP Eddwi. (yek/iwy)


Bagikan Artikel