Hukum & Kriminal

Pelajar Edar Pil Trex


PROBOLINGGO – Satresnarkoba Polres Probolinggo Kota berhasil membekuk IA (18), seorang pelajar sebuah SMA swasta. Ia ditangkap Jumat (22/11) sekitar pukul 18.30 di Jalan Cempaka, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo karena kedapatan mengedarkan pil trex.

IA yang warga Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan itu tepatnya mengedarkan pil trihexipnidyl kepada kalangan pelajar. Selain IA, Satresnarkoba yang dipimpin AKP  Suharsono juga membekuk 6 pengedar farmasi dan narkotika

Senin (09/12) sekitar pukul 13.00, hasil penangkapan dirilis di depan markas Polres Probolinggo Kota. IA dan 7 tersangka lain, berikut barang buktinya, ditunjukkan kepada awak media.

Wakapolresta Probolinggo Kompol Imam Pauji menyebutkan bahwa IA disergap  setelah petugas mengamankan seorang saksi pembeli. Pembeli kedapatan membawa 20 butir pil trihexipenidyl.

Saksi tersebut diketahui membawa pil oleh petugas yang tengah berpatroli pada Sabtu malam. Kemudian kasus tersebut dikembangkan dan saksi mengaku mendapat pil setan dari pelajar IA. Petugas lalu melakukan penyamaran dengan berpura-pura sebagai pembeli. “Tersangka IA tak berkutik saat ditangkap polisi yang menyaru sebagai pembeli,” katanya.

Tersangka IA kemudian dibawa ke rumahnya dan digeledah. Polisi menemukan sedikitnya 1.200 butir pil trihexipenidyl. Ditambahkan, tersangka yang masih pelajar menjual atau mengedar pil ke rekannya sesama pelajar. “Ditangkap saat di jalan. Belum sempat menjual pil, kami tangkap,” tambah Kompol Imam Pauji.

Atas perbuatannya itu, tersangka IA dijerat pasal 196 dan 197 UU RI nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. Ancaman hukumannya maksimal 15 tahun penjara, dan denda paling banyak Rp 1,5 miliar. “Kami masih memburu bandar besar, yang memasok pil trihexipenidyl ke tersangka,” ujar Wakapolresta. (gus/iwy)


Bagikan Artikel