Hukum & Kriminal

Pesta Miras di Tengah Sawah, 12 Kuli Bangunan Diciduk


KRAKSAAN – Dinas Satpol PP Kabupaten Probolinggo pada Sabtu (23/11) malam menciduk 12 orang kuli bangunan di tengah sawah Kelurahan Sidomukti, Kota Kraksaan. Kuli berusia muda itu diciduk lantaran melakukan pesta minuman keras (miras) di tengah sawah.

Malam itu sekitar pukul 23.00, Tim Reaksi Cepat (TRC) Satpol PP Kabupaten Probolinggo menyusuri beberapa titik lokasi. Terutama lokasi yang sering dijadikan tempat pesta miras oleh para pemuda di setiap malam Minggu.

Kemudian, di lokasi terakhir, Satpol PP menemukan 12 pemuda yang tengah pesta miras. Mereka adalah pekerja kuli bangunan yang baru pulang dari tempat kerjanya. Mereka pun langsung diseret ke markas untuk dilakukan pembinaan.

Tak hanya mengamankan 12 kuli bangunan, anggota juga berhasil menyita 8 botol minum keras yang sudah dioplos. Namun, 6 botol diantaranya sudah diteguk merrma. Sedangkan 2 botol lainnya masih penuh.

“Habis pulang kerja langsung ada keinginan buat minum bareng. Karena malam Minggu, jadinya janjian beli minuman di toko Kraksaan sekalian sambil malmingan,” kata HL (25) kuli bangunan asal Desa Selogudig Kulon, Kecamatan Pajarakan.

Sementara, Kadi Opdal pada Dinas Satpol PP Kabupaten Probolinggo Masyhudi mengatakan, razia kenakalan remaja sudah menjadi targetnya  setiap malam Minggu. “Namanya juga anak muda sekarang. Jadi, kami rutinkan razianya. Kali ini kami amankan 12 orang yang pesta miras. Malam minggu sebelumnya malah ada sekitar empat puluhan,” tuturnya.

Dari 12 kuli bangunan yang diamankan, lanjut pria yang akrab disapa Hudi, merupakan orang-orang baru. Sementara lokasi tempat pesta miras itu sudah menjadi langganan sasaran razia Satpol PP.

“Setelah dibina, meraka langsung kami pulangkan. Tidak sampai memanggil orang tuanya. Karena mereka sudah masuk dalam catatan kami. Lagi pula mereka orang baru dan baru pertama kali kami amankan. Tapi selanjutnya jika ditemukan lagi, akan kami panggil orang tuanya,” tutup Hudi. (yek/iwy)


Bagikan Artikel