Hukum & Kriminal

Malam Merampok Janda, Dini Hari Masuk Penjara


GENDING – Muhammad Untung (31) harus berurusan dengan Polsek Gending. Pasalnya, warga Dusun Pesisir, Desa Pajurangan Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo ini melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) alias merampok, Senin (27/9) malam. Aksinya berjalan mulus. Namun tak lama setelah beraksi, ia sudah ditangkap polisi.

Korban tindak pidana curas ini adalah, Budiyati (55), warga Desa/Kecamatan Gending. Wanita paruh baya itu tinggal seorang diri di rumahnya yang sederhana. Namun ia memiliki uang simpanan lumayan besar.

Kapolsek Gending AKP Ohim menyampaikan, peristiwa terjadi sekitar pukul 19.00. Saat itu korban sedang sendirian di rumahnya dan tengah beristirahat. Ketika ituz ia kedatangan tamu tak diundang yang masuk melalui pintu belakang rumah.

“Pelaku langsung mendatangi pemilik rumah yang sedang istirahat di kamarnya,” ujarnya.

Pelaku yang mengenakan penutup wajah kemudian mengarahkan senjata tajam berupa celurit ke tubuh korban.

“Pelaku ngomong, dimmah pessenah been? Eman ke nyabeh apah ke pessenah? Gitu ngomongnya,” ungkap kapolsek.

Korban yang ketakutan dengan ancaman itu langsung bergegas menunjukkan tempatnya menyimpan uang. Lanjutnya, pelaku langsung menggondol uang sebesar Rp. 4.5 juta dari tempat penyimpanan itu.

“Pelaku langsung keluar membawa uang itu lewat pintu belakang lagi,” ungkap AKP Ohim.

Usai kejadian itu, korban langsung melaporkan kejadian itu pada Polsek Gending. Anggota Polsek segera mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah TKP dan mengumpulkan keterangan saksi.

“Dari keterangan dan bukti-bukti yang kami terima, kami langsung melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku Muhammad Untung,” tuturnya.

Menurut AKP Ohim, pelaku diamankan di kediamannya tanpa perlawanan, sekitar pukul 02.00, Selasa (30/7). Pelaku dan barang bukti curiannya langsung diamankan ke mapolsek untuk dilakukan penyidikan.

“Dalam kejadian itu, pelaku melakukan kejahatannya seorang diri. Kemungkinan, pelaku sudah mengincar korban sebelumnya,” ucapnya.

AKP Ohim menambahkan, rentang waktu antara peristiwa dengan penangkapan pelaku berkisar 5-6 jam. Sehingga pelaku belum menikmati uang hasil curiannya. “Uangnya masih utuh dan sudah kami amankan,” terangnya. (yek/eem)


Bagikan Artikel